Sukses Lewat “Copycat Brand”

0
87
Sukses Lewat “Copycat Brand”

Cara mudah bagi pendatang baru untuk masuk ke pasar dengan memanfaatkan asosiasi positif yang dimiliki market leader,  caranya lewat “copycat”, atau yang lebih dikenal dengan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).

 

Studi Sayman, Hoch, dan Raju (2002) menemukan sepertiga dari 75 kategori produk meniru kemasan produk market leader. Sedangkan, Scott-Morton dan Zettelmeyer (2004) menemukan bahwa setengah dari merek toko di Amerika Serikat meniru warna, ukuran dan bentuk merek pemimpin pasar.

 

Femke van Horen dan  Rik Pieters (2012) mengungkapkan ada dua tipikal copycat brand, yakni: “feature imitation” dan “theme imitation”

 

“Feature imitation” terjadi melalui peniruan huruf-huruf (misalnya, dengan mengganti satu atau lebih huruf dari nama tersebut atau dengan menata ulangnya) atau melalui peniruan desain kemasan merek market leader (misalnya, warna merah).

 

Sedangkam, “theme imitation” terjadi melalui peniruan makna semantik dari brand market leader. Misalnya,  “Spring” tema dari sourcy, “freshness of Alpine milk”  tema dari Milka dan “traditional, family-produced olive oil” tema dari Bertolli  (van Horen & Pieters, 2012).

 

Lebih lanjut, studi van Horen dan  Rik Pieters menemukan konsumen mampu membedakan antara brand orisinil dan ‘copycat brand’. Bahkan, konsumen cenderung memandang negatif terhadap “copybrand” yang meniru “feature imitation” dibanding “theme imitation”.

 

Oleh sebab itu, bagi produsen yang  ingin menerapkan strategi “copycat” sebaiknya menggunakan “theme imitation”. Jadi, tirulah makna semantik dari brang terkemuka, bukan fitur khasnya  (van Horen & Pieters, 2012).

 

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan Pak Bi bahwa menggunakan ATM bukan sekedar Amati, Tiru dan Modifikasi, tapi ATM yang bisa menciptakan “New Product Category”.

 

Caranya?

Yuk gabung, di Workshop “SUPER ATM” Tanggal 19 Juni 2024

Daftarkan segera melalui biolink@subiakto

 

 

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website  subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official.

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here