UMKM Menghadapi Era yang Makin Berat?

0
80
UMKM Menghadapi Era yang Makin Berat?

rumahukm.com. Masih berkutat di era 1.0 sementara saat ini dunia sudah mulai asyik dengan era 5.0 bahkan
6.0?
Yes, di era 5.0 yang dikenal sebagai era Society 5.0, ada perkembangan teknologi yang mengubah perilaku konsumen, dan membuat level harapan makin tinggi terhadap suatu produk.
Di era ini, konsumen sangat mengandalkan kecanggihan AI, IoT, atau big data untuk better user experience. Dan tentu saja, bisnis yang tertinggal dalam aspek ini bakal ditinggalkan. Selain itu, personalisasi pengalaman konsumen jadi sangat penting. Produk yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi individu melalui analisis data lebih menarik buat konsumen.
Konsumen di era ini juga berekspektasi tinggi atas servis instan dan efisien, dan mengandalkan bisnis yang mengangkat value ramah lingkungan.
Apa lagi?
Pengalaman omnichannel yang smooth di berbagai channel juga bakal jadi faktor kunci. Kalo produkmu nggak mampu memberikan pengalaman konsisten dan terintegrasi antara belanja online, mobile apps, dan toko fisik, konsumenmu bakal nggak ragu berpindah ke kompetitor yang lebih baik dalam aspek ini.
Keamanan data dan privasi juga jadi perhatian utama di era 5.0. Konsumen lebih memilih produk dari kompetitor yang bisa menjamin keamanan data lebih tinggi dan transparansi dalam pengelolaan data pribadi. Selain itu, social proof seperti ulasan online dan keterlibatan komunitas sangat mempengaruhi keputusan konsumen.
Banyak PR-nya. Makanya bisnismu harus terus berinovasi dan menunjukkan value yang resonan dengan konsumenmu, biar mereka nggak pergi begitu saja.
Pelajari insight-insight lainnya seputar branding dengan Follow akun IG @subiakto, subscribe YouTube Subiakto Official, dan baca artikel-artikel insightful di website www.subiakto.com. Atau baru hendak memulai usaha dan ingin ikut workshop Pak Bi? Jangan lupa join workshop offline terdekat tanggal 19 Juni 2024 ini yang rencananya bakal membahas strategi ATM dalam bisnis. Daftar lewat linktree di bio IG @subiakto sekarang juga!

 

Penulis: Nungki Mayangwangi

@mayangwangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here