Memenangkan Persaingan Dengan “Value Creation”

0
445
Memenangkan Persaingan Dengan “Value Creation”

rumahukm.com. Pelaku usaha harus memiliki keunggulan kompetitif untuk memenangkan persaingan dan menjaga pertumbuhan serta keberlangsungan bisnis merekaMichael Porter menyebutkan ada tiga  cara yang digunakan untuk mengembangkan strategi keunggulan kompetitif, yakni : cost leadership, differentiation, dan focus.

 

Strategi keunggulan kompetitif dapat dilakukan dengan melakukan kombinasi antara keunggulan biaya rendah melalui efektivitas operasional dan meningkatkan value yang ditawarkan kepada konsumen (Porter, 1996).

 

Lebih lanjut, Duane Windsor (2017) menyebutkan value creation merupakan kombinasi antara consumer surplus dan producer surplus yang memberikan keuntungan baik bagi konsumen maupun produsen.

 

Pak Bi menyampaikan value creation dapat dilakukan dengan menggunakan “Branding Canvas” yang terdiri dari 15 langkah. Langkah awal  untuk merancang value creation, yakni mengeksplorasi dan menentukan empat faktor penting untuk menciptakan value, yaitu: product insight, product category & competitors, target market dan target audience.

 

Di sisi lain,  Pak Budi  menyebutkan pelaku usaha sebelum menciptakan value, mereka sebaiknya memahami terdahulu “Playing Field”  bisnis yang akan dijalani. “Playing Field”  merupakan salah satu komponen dari “Smart Business Map (SBM)” yang terdiri dari 12 pertanyaan yang dikuasai sebelum memulai bisnis. Contohnya: What is Customer Problem, Who has the Problem, What is the Solution, How Big is the Market dan What factors will impact the business?

 

Bagi wirausaha baru maupun pelaku UKM yang tertarik menciptakan keunggulan kompetiti dengan “Value Creation” , segera gabung di workshop “No Brand No Bisnis” tanggal 12-13 Juli 2023. Jangan sampai kelewatan!

 

Pendaftaran dapat melalui biolink @subiakto atau hubungi pak Kasim 085223944575.

 

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official. Dan follow juga Instagram Pak Bi @subiakto.

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here