Bikin Usaha Bukan Sekedar Ikut-Ikutan

0
410
Bikin Usaha Bukan Sekedar Ikut-Ikutan

rumahukm.com Kopi menjadi salah satu minuman paling populer di dunia setelah air putih (Gaascht et al., 2015). Selain itu, kopi merupakan komoditas paling bernilai kedua di dunia setelah minyak mentah (Murray, 2009).

Seiring dengan meningkatnya jumlah konsumsi kopi membuat pasar kopi semakin kompetitif. Oleh sebab itu, memahami perilaku konsumsi konsumen kopi sangatlah penting untuk merumuskan strategi pemasaran kopi yang efisien dan efektif (Wang, &  Yu, 2016).

Selain itu, Gupta et al (2009) menyampaikan pemasar juga harus tahu consumer-perceived value yang merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Consumer-perceived value dapat digunakan untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan (Cronin et al., 2000).

Lebih lanjut, Hung et al. (2010) mengungkapkan consumer-perceived value terbagi menjadi dua, yakni nilai utilitarian dan nilai hedonis. Nilai utilitarian berkaitan erat dengan evaluasi praktis dan rasional, misalnya kualitas produk dan kewajaran harga produk. Sedangkan, nilai hedonis berkaitan erat dengan sensasi pengalaman dan kepuasan emosional yang dialami konsumen saat menggunakan suatu produk.

Begitu pentingnya pemahaman tentang consumer-perceived value sehingga pemilik usaha dapat menawarkan value yang relevan dengan konsumen produk mereka. Seperti yang disampaikan Pak Bi, harusnya kedai kopi engga boleh bangkrut, kecuali buka kedai kopinya karena ikutan tren. Karena ngopi itu “Ritual Harian”.

Mau belajar lebih detail cara bangun bisnis dengan memanfaatkan “ritual harian”, silahkan gabung di Workshop Offline Ekslusif “Bisa Bikin Brand” tanggal 26-27 September 2023 melalui biolink @subiakto dan follow akun IG @subiakto@dwitasoewarno@indonesiabisabikinbrand@indonesiaspicingtheworld@rumahukmcom.

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official.

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here