Mengintip Apa Yang Terjadi dalam Otak Para Loyal Customer-mu

0
85
Mengintip Apa Yang Terjadi dalam Otak Para Loyal Customer-mu

Pernah membayangkan apa yang sebenarnya terjadi di otak konsumenmu saat mereka loyal dengan produkmu? Ternyata ada beberapa proses neurologis dan psikologis terjadi di otak mereka yang memperkuat ikatan tersebut. Balik lagi ke yang namanya amigdala, bagian otak yang bertanggung jawab atas pengolahan emosi. Saat konsumen merasa puas atau senang dengan pengalamannya terhadap suatu produk, amigdala mengasosiasikan produk tersebut dengan emosi positif, sehingga memperkuat ingatan emosional yang terkait dengan produk tersebut.
Selain amigdala, ada nucleus accumbens, bagian dari sistem reward otak, yang juga nggak kalah penting. Nucleus accumbens terlibat dalam pengolahan sensasi kesenangan dan reward.
Saat konsumen dapat pengalaman positif berulang kali, nucleus accumbens mengeluarkan neurotransmitter dopamin yang membuat mereka merasa senang dan puas. Hal ini menciptakan suatu siklus positif dimana konsumen terus mencari pengalaman serupa untuk dapat sensasi reward serupa, berujung terhadap terbentuknya loyalitas.
Prefrontal cortex, part otak yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan dan penilaian, juga berperan. Setelah mengalami pengalaman positif yang konsisten dengan suatu produk, prefrontal cortex membantu konsumen membuat keputusan yang didasarkan pada memori dan penilaian sebelumnya. Artinya, konsumen yang loyal cenderung mengandalkan penilaian positif yang telah terbentuk dalam prefrontal cortex-nya saat memilih produk, daripada mengevaluasi setiap opsi dari awal.
Ada lagi hipokampus yang berperan dalam pembentukan memori jangka panjang, dia membantu menyimpan semua pengalaman positif yang dialami konsumenmu. Saat konsumenmu terus melalui pengalaman memuaskan, hipokampus mengkonsolidasikan kenangan ini, memperkuat asosiasi antara produk dan pengalaman positif dalam memori jangka panjang mereka. Alhasil saat mereka dihadapkan dengan pilihan, memori yang lebih mudah diakseslah yang mendorongnya memilih produk yang mereka sudah percayai dan sukai.
Sehebat itu peran otak manusia bahkan dalam aktivitas pembelian. Sejauh mana sih kamu sudah paham konsumenmu? Pahami dulu insight-insight seputar branding dengan

Follow akun IG @subiakto, subscribe YouTube Subiakto Official, dan baca artikel-artikel insightful di website www.subiakto.com. Atau baru hendak memulai usaha dan ingin ikut workshop Pak Bi? Jangan lupa join workshop offline terdekat tanggal 19 Juni 2024 ini yang rencananya bakal membahas strategi ATM dalam bisnis. Daftar lewat linktree di bio IG @subiakto sekarang juga!

 

 

Penulis: Nungki Mayangwangi

@mayangwangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here