Berkunjung ke Pabrik Keripik Ibu Ida

0
5545

Ketika berkunjung ke Surabaya pada 5-7 September lalu, Pak Bi dan Ibu Dwita berkesempatan mampir ke pabrik Roemah Snack Mekarsari yang terletak di Sidoarjo, Jawa Timur. Disana, Pak Bi dan Ibu Dwita ditemani dengan Ibu Ida dan Pak Haris, suaminya.

AvyMUW35x_hymzw4HypIIopBvA9Xoea8ellQonnmF28l
Proses pembersihan dan pengupasan singkong

 

Ibu Ida mempekerjakan penduduk sekitar pabrik. Langkah pertama dalam proses pembuatan keripik singkong adalah pembersihan dan pengupasan singkong.

AooadlEYcu6bsKe_OXNjGpVd6uk3yA_1RB_UGLAJ7SX1
Singkong dimasukkan ke alat pemotong

Setelah singkong dikupas dari kulitnya dan dicuci bersih, selanjutnya adalah proses pemotongan. Mesin pemotong ini merupakan karya UKM lokal, lho. Di dalamnya terdapat dua pisau, sehingga proses pemotongan singkong menjadi cepat dan praktis.

AoovaPr2zkQCriZ1aFySPLj5XuO361SsYCE1NRvdVWO6
Mesin penggorengan besar yang juga menstabilkan panasnya minyak

Alat penggorengan ini dikendalikan secara otomatis. Fungsi alat ini selain menggoreng singkong adalah menjaga agar panas minyak konsisten, makanya keripik Ibu Ida lebih renyah. Menurut beliau, keripik itu bisa renyah apabila panas minyak stabil, tidak naik turun.

AoB8mKTDK1iPDcybA6c6DLqx8ppy7_-UMiU_AdqhQBuY
Keripik singkong ditiriskan dulu sebelum dibumbui dan dikemas

Selanjutnya, keripik singkong yang sudah matang ditiriskan. Menurut Pak Bi dan Ibu Dwita, keripik singkong yang masih hangat dan belum dibumbui ternyata enak untuk dicamili 🙂

AvxeWdbstZro9_uu97eQKXE0Qv0E3zF9GydSR_yE7fed
Pak Bi bersama Ibu Ida dan Pak Haris sedang berbincang ditemani keripik singkong yang baru matang

Setelah melihat proses pembuatan keripik singkong, mereka mengunjungi toko Roemah Snack Mekarsari setelah sebelumnya mampir ke kantor Ibu Ida. Karena produk keripiknya sangat beragam, sempat bingung mau bawa pulang rasa yang mana saja 🙂

AntfLcVhO2akrB8lL76fdkHkrhP_r55aDtDQs_4DYVlr
Ibu Ida, Pak Bi, dan Bu Dwita berpose dengan produk keripik pisang Roemah Snack Mekarsari
AsNGdMhPi3kz3rAWoizXm_X8ZI1_9y-TeExynoEmEoGh
Tampak depan toko Roemah Snack Mekarsari
AjcVkgM0fDDGRbUZVV1zVy-Rg1_4qYkIRU90dhg20i_p
Keripik pisang berbagai rasa yang dipajang di etalase toko Roemah Snack Mekarsari

Setelah hampir seharian keliling pabrik dan mengunjungi toko Roemah Snack Mekarsari, Pak Bi dan Ibu Dwita harus segera meninggalkan Sidoarjo menuju Surabaya. Tentunya tidak lupa dengan oleh-oleh keripik singkong dan pisang, dong. Terima kasih Ibu Ida dan Pak Haris, sampai jumpa di lain kesempatan!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here