Merebut Hati Konsumen Dengan Emotional Branding

0
26
Merebut Hati Konsumen Dengan Emotional Branding

rumahukm.com. Manajemen merek mengalami pergeseran dari sudut pandang manfaat produk menjadi pengalaman yang menciptakan ikatan emosional yang kuat antara brand dan konsumen (Thomson, 2016). Situasi ini membuat emotional branding menjadi bagian penting dalam manejemen merek (Gobe 2001; Zaltman 2003).

 

Marc Gobe dalam bukunya “emotional branding” menyampaikan pentingnya membangun ikatan emosional yang kuat dengan konsumen dalam strategi pemasaran modern. “Jangan terlalu fokus pada fitur produk” (Gobé, 2001).

 

Emotional branding adalah strategi yang menghubungkan konsumen dengan merek melalui ikatan emosional yang mendalam, intim dan jangka panjang serta menciptakan hubungan berbasis kepercayaan (Morrison & Derek, 2007).

 

Travis (2000) mengungkapkan “suatu merek bukanlah sebuah brand, sampai ia membangun hubungan emosional dengan konsumen”.  “A brand is like a bridge between you and the customer.

 

Jadi, emotional branding merupakan cara branding yang unik dan tidak dapat ditiru karena mengikat hati, pikiran, dan perasaan konsumen terhadap suatu merek masuk ke dalam kehidupan konsumen (Jawahar dan Maheswari, 2009).

 

Emotional branding membutuhkan kisah yang menginspirasi dan memikat konsumen. Kisah-kisah tentang gaya hidup, impian, dan tujuan konsumen yang memperkaya kehidupan mereka (Roberts 2004).

 

Oleh sebab itu, emotional branding membutuhkan storytelling yang kuat dan autentik yang mampu menghubungkan merek dengan nilai-nilai yang dihargai oleh konsumen, serta memberikan kontribusi positif dalam kehidupan mereka (Gobe 2001).

 

Jadi, langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membangun emotional branding adalah menemukan nilai yang relevan dengan konsumen. Karena “Brand is  Value”. Brand adalah makna yang dirasakan konsumen (Subiakto, 2023)

 

Mau tahu cara menemukan value yang relevan dengan konsumen?

Temukan jawabannya di workshop “Bisa Bikin Brand” tanggal  23-24 Juli 2024

 

Bagi yang berminat untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website subiakto.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official.

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here