Dari Tagline, Lahir Success Story

0
29
Dari Tagline, Lahir Success Story

rumahukm.com. Dalam branding, tagline adalah elemen yang nggak kalah penting yang berfungsi untuk menyampaikan core message dan value sebuah brand secara ringkas dan powerful. Kalo bicara soal brand lokal di Indonesia, ternyata banyak juga lho yang berhasil menerapkan tagline yang efektif dan nempel di otak banyak orang.

 

Salah satu contoh success story tagline yang paling terkenal adalah Indomie dengan “Indomie Seleraku”-nya. Tagline mahakarya dari Pak @subiakto ini nggak cuma mudah diingat, tapi juga mencerminkan positioning Indomie sebagai makanan yang disukai berbagai kalangan di Indonesia. Teori marketing communication dari Philip Kotler menekankan pentingnya pesan yang jelas dan konsisten dalam membangun brand awareness. Nah, Indomie ini berhasil menciptakan asosiasi yang kuat antara produknya dan kepuasan selera konsumen melalui tagline ini.

 

Teori positioning dari Al Ries dan Jack Trout juga relevan dalam konteks penerapan tagline yang sukses. Mereka berargumen bahwa di arena pasar yang penuh dengan kompetisi, brand positioning dalam benak konsumen jadi super vital. Contoh penerapan teori ini adalah Aqua dengan tagline “Ada Aqua?” yang menggambarkan positioning Aqua sebagai pilihan utama air mineral di Indonesia. Tagline ini juga berhasil membuat Aqua jadi top-of-mind brand saat konsumen memikirkan air mineral, dimana menunjukkan bahwa Aqua berhasil merefleksikan siapa dirinya secara powerful dalam pasar kompetitif. Kesuksesan tagline ini menunjukkan bagaimana pesan sederhana namun kuat bisa membantu membedakan sebuah brand di antara seabrek pesaingnya.

 

Selain itu, teori brand dari David Aaker yang menekankan pentingnya brand equity juga bisa diterapkan untuk memahami kesuksesan tagline pada brand lokal. Salah satu contohnya adalah Teh Botol Sosro dengan tagline “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro.” Tagline ini membangun brand equity dengan menekankan produk yang selalu relate dengan berbagai jenis makanan, menjadikannya pilihan minuman yang serbaguna dan diterima luas. Brand equity yang kuat seperti yang dijelaskan Aaker ini menciptakan loyalitas konsumen dan meningkatkan brand value secara keseluruhan. Teh Botol Sosro berhasil mengkomunikasikan keunggulannya dan memperkuat brand image-nya melalui tagline yang tepat sasaran dan relevan dengan konsumsi masyarakat Indonesia.

 

Psssttt… ada rumus rahasia dari Pak Bi @subiakto dalam membuat tagline! Mau tau? Jawabannya cuma ada di Workshop Offline Eksklusif BBB di 23-24 Juli ini! Pastikan kamu sudah daftar!

Pelajari insight-insight lainnya seputar branding dengan Follow akun IG @subiakto, subscribe YouTube Subiakto Official, dan baca artikel-artikel insightful di website www.subiakto.com.

 

Penulis: Nungki Mayangwangi

@mayangwangi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here