Menciptakan Value Lewat Panca Indera

0
81
Menciptakan Value Lewat Panca Indera

rumahukm.com. “Makanannya masuk ke perut bikin kenyang, rasanya masuk ke otak bikin kepingin lagi” (Subiakto, 2023)

 

Pak Bi dalam “Kitab Bisa Bikin Brand” mengungkapkan Branding berkaitan erat dengan persepsi, value, hubungan, ikatan emosional dan engagement.

 

Branding merupakan proses menciptakan persepsi di benak konsumen melalui nilai-nilai dan membentuk ikatan emosional antara konsumen dan brand.  Salah satunya menciptakan nilai lewat panca indera manusia. “Human senses are valuable features of an individual’s behavior and experiences” (Agapito et  al., 2013).

 

Oleh sebab itu, lahirlah “sensory marketing” yang memanfaatkan panca indera untuk menciptakan nilai bagi konsumen sehingga menghasilkan customer experience, brand identity dan brand image.

 

Misalnya, studi Hultén (2011) mengungkapkan penggunakan indera penglihatan (visual) sangat efektif untuk mengomunikasikan nilai dan brand identity. Sedangkan, penggunakan indera penciuman manjur untuk menciptakan brand recall dan brand recognition, dan indera pendengaran sangat efektif untuk menciptakan kenangan dan menginspirasi konsumen.

 

Mau tahu lebih lengkap tentang “sensory marketing”, bisa diperoleh dengan membaca “Kitab Bisa Bikin Brand” atau ikuti serial workshop “Bisa Bikin Brand”

 

Nah, bagi pebisnis yang sibuk tapi mau belajar bisa bikin brand,  saat ini telah hadir Kitab Bisa Bikin Brand versi “audio book”, jadi belajar brand bisa di mana saja. Coba klik aja http://pakbibaca.in

 

 

 

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website  subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official.

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here