Hanya Bagi Pemula

0
92
Hanya Bagi Pemula

rumahukm.comMemulai usaha baru di pasar yang berkarakter persaingan sempurna menjadi menarik sekaligus menantang bagi entrepreneur baru.

 

Dalam situasi persaingan yang menantang ini, sangat penting bagi entrepreneur baru untuk memahami berbagai faktor yang dapat memengaruhi kesuksesan bisnis mereka.

 

Misalnya, entrepreneurial orientation, strategi marketing, dan akses terhadap pendanaan merupakan faktor penting dalam menentukan kinerja dan pertumbuhan usaha baru (Eggers et al., 2013)

 

Selain itu, pengembangan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen juga memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan dan keberlanjutan sebuah bisnis.

 

Pak Bi dalam “Kitab Bisa Bikin Brand” menyebutkan ada dua rute untuk menentukan dan mengembangkan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.

 

Pertama, rute “value added”. Produk mirip dengan produk pesaing yang ada di pasaran. Kemudian, ditambahkan ‘value’ sehingga membentuk ‘new product category’.

 

Kedua, rute “value creation”. Berawal dari ide terkait dengan ‘value’ yang relevan dengan kebutuhan, keinginan, kebiasan dan ritual konsumen. Lalu, produk dibuat berdasarkan value tersebut.

 

Jadi, entrepreneur  mesti melakukan empat tahapan penting untuk mengeksplorasi dan menentukan “value” yang relevan dengan konsumen bisnis mereka. Empat tahapan penting tersebut, yakni product insight, product category & competitors, target market dan target audience.

 

Bagaimana penerapan tahapan product insight, product category & competitors, target market dan target audience terhadap bisnis anda? Jelasnya ada di workshop “Bisa Bikin Brand”

 

Nah, bagi entrepreneur baru yang sibuk tapi mau belajar bisa bikin brand.

Saat ini telah hadir, Kitab Bisa Bikin Brand versi “audio book”.

Jadi, belajar brand bisa di mana saja. Coba klik aja http://pakbibaca.in

 

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website  subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official.

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here