Memulai Bisnis Dengan Value Creation

0
287
Memulai Bisnis Dengan Value Creation

rumahukm.com  Bisnis merupakan sebuah proses terdiri dari beberapa aktivitas yang bertujuan untuk menambah nilai terhadap produk dan jasa yang hasilnya berupa “value to the customer” (Han & Han, 2001).

 

Oleh sebab itu, Michael Porter (1985) menekankan bahwa nilai yang diciptakan oleh suatu perusahaan dapat diukur dengan seberapa besar konsumen bersedia untuk membayarnya.

 

Begitu besarnya pengaruh nilai terhadap keberlanjutan bisnis, maka Babin et al., (1994) melakukan studi literatur terhadap “customer perceived value” dan menemukan empat pengertian terkait  “customer perceived value”, yakni nilai adalah harga (“value is price”), saya mendapatkan apa yang saya berikan/bayarkan, trade off antara harga dan kualitas, dan dan yang terakhir pengalaman berbelanja (shopping experience).

 

Temuan ini memperlihatkan bahwa semua konsep “customer perceived value” menekankan pada nilai utilitarian. Padahal bagi sebagian konsumen berbelanja merupakan salah satu bentuk rekreasi yang menyenangkan. Oleh sebab itu, nilai emosional juga menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan  (Babin et al., 1994).

 

Lebih lanjut, consumer-perceived value terbagi menjadi dua, yakni nilai utilitarian dan nilai hedonis (Hung et al, 2010).  Nilai utilitarian berkaitan erat dengan evaluasi praktis dan rasional, misalnya kualitas produk dan kewajaran harga produk. Sedangkan, nilai hedonis berkaitan erat dengan sensasi pengalaman dan kepuasan emosional yang dialami konsumen saat menggunakan suatu produk.

 

Oleh sebab itu, Pak Bi menyarankan sebelum memulai bisnis sebaiknya menciptakan “nilai” terlebih dahulu. Jika tidak, yang akan terjadi anda akan fokus pada jualan produk yang berakhir dengan perang harga.

 

Mau belajar lebih detail cara memulai bisnis dengan “value creation”?

Yuk, gabung di Workshop Offline Ekslusif “Bisa Bikin Brand” tanggal 26-27 September 2023 melalui biolink @subiakto

 

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official. Dan follow follow  akun IG @subiakto@dwitasoewarno@indonesiabisabikinbrand@indonesiaspicingtheworld@rumahukmcom

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here