Diskon Bukanlah Solusi Bisnis Anda

0
220
Diskon Bukanlah Solusi Bisnis Anda

rumahukm.com Internet dan media sosial membuat segalanya lebih mudah mulai dari mencari informasi, menciptakan konten hingga membangun bisnis. Bisnis yang paling simpel dan paling sering dilakukan orang adalah membuka toko online.

 

Memang membuka toko online itu mudah, yang menjadi tantangan menjaga keberlangsungan agar toko dapat bertahan dan tetap memberikan profit. Oleh sebab itu, toko online harus membangun citra toko yang kuat (Chang and Tseng, 2011).

 

Ailawadi & Keller (2004) mengungkapan ada lima faktor penting untuk membangun brand retail, yakni: akses, suasana toko, harga dan promosi, keragaman produk kategori, dan keragaman merek dalam setiap produk kategori.

 

Seringkali pemilik toko online menggunaka strategi  harga dan promosi diskon untuk menarik pembeli untuk mengunjungi dan membeli produk mereka. Namun, Byron Sharp mengingatkan meski diskon harga memiliki efek langsung dan positif pada penjualan. Tetapi efeknya tidak bertahan lama, pengaruhnya hilang saat diskon harga berakhir.

 

Bahkan, diskon tidak bisa mengubah preference konsumen untuk membeli produk tersebut di masa depan. Biasanya pendekatan diskon tidak berhasil membawa pelanggan baru untuk membeli produk brand (Sharp, 2010)

 

Sejumlah bukti empiris memperlihatkan tidak ada peningkatan penjualan dalam jangka panjang karena pemberian diskon. Kalaupun ada lonjakan kenaikan penjualan akan terlihat saat promosi diskon berlangsung, setelah itu konsumen kembali ke pola pembelian sebelum promosi dan penjualan kembali ke tingkat sebelum promosi (Sharp, 2010).

 

Selain itu, diskon merupakan pendekatan berbiaya tinggi, karena mengikis margin laba. Daripada mengalokasi biaya untuk diskon, lebih baik budget tersebut untuk membangun brand dengan melakukan komunikasi brand untuk meningkatkan penjualan di masa depan (Sharp, 2010).

Oleh sebab itu, Pak Bi menyampaikan inilah perlunya menciptakan value dan brand sehingga, saat konsumen mengalami “Excitement” kepada Brand anda, harga tidak lagi menjadi masalah. “Price is Not All-Important” (Bryon Sharp, 2010).

 

Mau belajar lebih detail cara memulai membangun brand pada bisnis anda ?

Yuk, gabung di Workshop Offline Ekslusif “Bisa Bikin Brand” tanggal 26-27 September 2023 melalui biolink @subiakto

 

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official. Dan follow follow  akun IG @subiakto@dwitasoewarno@indonesiabisabikinbrand@indonesiaspicingtheworld@rumahukmcom

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here