Melihat Apa Yang Tidak Dilihat Orang Lain

0
49
Melihat Apa Yang Tidak Dilihat Orang Lain

rumahukm.comPerkembangan teknologi menawarkan kemudahan untuk mencari dan menggali informasi mulai dari lewat search engine hingga Artificial Intelligence (AI). Kondisi ini membuka peluang bagi tiap orang untuk mencoba memulai bisnis baru. Asalkan memiliki kemampuan untuk melihat celah peluang berdasarkan informasi di pasar, yang lebih dikenal dengan istilah “entrepreneurial alertness”

 

Entrepreneurial alertness merupakan kemampuan mengenali peluang yang tidak dilihat dan disadari oleh orang lain (Kirzner, 1973). Sejumlah studi menyebutkan “alertness” berasal dari pengalaman, kemampuan memproses informasi dan mengenali pola dan interaksi sosial (Ardichvili et al., 2003). Bahkan, Brockman (2014) menyebutkan pengetahuan dan pengalaman sebagai faktor utama “alertness”.

 

Lebih lanjut, Tang et al. (2012) menyebutkan “alertness” mencakup tiga kemampuan  utama, yakni  “scanning & searching”, “association & connection”, dan “evaluation & judgment”.

 

“Scanning & searching” merupakan kemampuan untuk mencari informasi baru dan melihat celah potensi yang tidak dilihat orang lain, bahkan seringkali diabaikan.

 

“Association & connection” mengacu pada kemampuan mengumpulkan informasi dan menghubungkannya untuk menghasilkan sesuatu  yang bermakna.

 

“Evaluation & judgment” merupakan kemampuan untuk mengevaluasi informasi dan memutuskan untuk memanfaatkan peluang yang ada untuk memulai berbisnis (McMullen dan Shepherd, 2006).

 

Namun, sejumlah studi memperlihatkan tidak semua orang memiliki tingkat “alertness” yang sama (Shane, 2000). Oleh sebab itu, Pak Bi memberikan “Rule of Thumb” untuk membantu pebisnis pemula menemukan ‘celah peluang’ untuk menciptakan “New Product Category”, yakni:

 

TIRU APA YANG DILAKUKAN PESAING”

“LAKUKAN APA YANG TIDAK BISA DITIRU PESAING”.

 

Jelasnya, akan diulas pada serial wokshop “Bisa Bikin Brand” bulan Juni 2024.

Yuk, segera daftarkan diri anda. Jangan sampai kehilangan kesempatan belajar bikin “New Produk Category” bareng pak Bi.

 

 

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website  subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official.

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here