Canggih! UMKM Bisa Manfaatkan AI Biar Bisnisnya Semakin Efisien

0
77
CEO dan Pendiri ICS Compute Budhi Wibawa. Foto: Dok istimewa

rumahukm.comJakarta: Tantangan UMKM di era digital berkaitan dengan sumber daya terbatas, namun dituntut untuk memberikan dukungan pelanggan yang cepat dan efektif. Oleh karena itu, UMKM membutuhkan lebih banyak fitur dan konten yang memudahkan dalam meningkatkan produktivitasnya dengan teknologi Generate AI.

Perusahaan IT Consulting dan Service ICS Compute meluncurkan Redpumpkin Generative AI Assistant Platform. Platform ini dibuat dengan menggunakan layanan Amazon Web Services (AWS), sehingga dapat memberikan kemudahan dari sisi implementasi, harga yang terjangkau, dan performa yang kuat sehingga ideal untuk para pelaku UMKM.

“Redpumpkin Gen AI Assistant, solusi sempurna untuk bisnis yang ingin meningkatkan layanan pelanggan, otomatisasi tugas, dan produktivitas,” ujar CEO dan Pendiri ICS Compute Budhi Wibawa dalam media briefing di Jakarta Selatan, Selasa, 4 Juni 2024.

Melalui layanan cloud AWS, ICS Compute menyediakan solusi yang memungkinkan UMKM mengakses teknologi canggih sesuai kebutuhan mereka. Ia memastikan keamanan dan privasi data pelanggan dengan service level agreement (SLA) uptime dan menerapkan protokol backup serta pemulihan sesuai best practice.

“Dengan alat intuitif dan template yang dapat dikustomisasi, bisnis dapat dengan mudah membuat asisten virtual yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Template ini dapat disematkan langsung ke situs web pelanggan, memastikan integrasi yang mulus,” ungkapnya.

Solusi terjangkau

Platform ini dapat memproses berbagai jenis data seperti konten web, file teks, PDF, file Microsoft Office, dan transkrip YouTube. Ini juga memungkinkan bisnis dapat melatih asisten virtual dengan data relevan untuk merespons pelanggan yang akurat melalui fitur “instruction/prompting“.

“Redpumpkin Generative AI Assistant adalah solusi siap pakai dan terjangkau untuk masalah operasional UMKM. ICS Compute menyediakan dukungan penuh dari konsultasi hingga training kepada para pelanggannya, memastikan setiap bisnis dapat mengadopsi teknologi ini dengan mudah,” jelas Budhi.

Proses implementasi produk ini berlangsung cepat, hanya dalam hitungan hari di lingkungan AWS pilihan pelanggan. Dengan kemampuan analisis data, asisten virtual ini pun dapat memberikan insight tentang tren penjualan dan preferensi pelanggan, membantu pemilik UMKM membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

“Dengan Redpumpkin Gen AI Assistant, UMKM dapat mengalami peningkatan produktivitas signifikan, mengurangi beban kerja hingga setengahnya dengan memanfaatkan data yang dimiliki. Hal ini tentunya menghasilkan respons yang lebih efisien, meningkatkan produktivitas operasional hingga 60 persen,” ujar dia.

Asisten virtual berbasis Gen AI dapat bermanfaat di berbagai sektor seperti ritel dan e-commerce, perhotelan dan pariwisata dengan layanan 24/7, kesehatan dengan jadwal dan pertanyaan umum, pendidikan dengan efisiensi administratif, keuangan dan asuransi dengan informasi real-time, serta dukungan teknis di manufaktur.

 

Sumber: medcom.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here