Cold Chain, “Nyawa” Usaha Frozen Food

0
1751

UKM frozen food adalah mereka yang bergerak dalam bisnis makanan dengan menggunakan udara dingin/beku sebagai pengawetnya, bisa berupa bahan mentah (daging, seafood, sayuran, dll) maupun olahan. Makanan yang biasa dibekukan bermacam-macam jenisnya, ada yang menjual otak-otak bandeng, pempek, bakso, ayam ungkep, minuman dingin, nugget sayuran, es krim atau aneka usaha makanan lain yang memang sengaja disimpan di suhu dingin. Katering, warung, dan café juga merupakan bagian dari rantai usaha frozen food yang membutuhkan teknik cold chain untuk mempermudah mengelola makanan dan minuman yang disimpan.

12031409_10204684904777770_5901884181757981652_o

Mengapa frozen food makin berkembang ? Gaya hidup modern menuntut semuanya berjalan serba cepat, sehingga kebutuhan manusia akan makanan dan minuman pun juga harus cepat saji. Pembekuan membuat penyajian makanan lebih mudah, tetap enak, tidak ada perubahan fisik berarti, dan tidak ada nutrisi yang hilang. Teknik ini juga merupakan cara pengawetan makanan yang paling aman.

Rantai dingin/cold chain adalah bagian dari mekanisme pengawetan makanan yang membuat bisnis frozen food tetap eksis tanpa kendala mutu bahkan ancaman food safety. Rantai dingin atau cold chain adalah nyawa dari usaha makanan beku/frozen food. Anda bisa saja gagal atau omzet menyusut jika tidak memahami cara menjaga rantai dingin dengan tepat.

Indonesia masih tertinggal jauh dari negara lain dalam mengembangkan makanan dan minuman beku atau chilled. Ketika MEA 2016 semakin dekat, saatnya UKM terutama yang bergerak di frozen food, memahami dengan benar teknik ini. Untuk itu, saatnya UKM berani belajar. Jangan biarkan omzet bisnis frozen food dikuasai asing hanya karena UKM tidak sigap melihat perubahan.

yuyun

Kita sering mendengar kalau bisnis frozen food membutuhkan investasi hingga milyaran rupiah. Ternyata, dengan omzet yang tidak begitu besar UKM dapat memproduksi frozen food menggunakan teknologi sederhana.

Apabila Anda adalah pengusaha frozen food, inilah workshop yang sayang untuk dilewatkan. Di workshop ini, Anda dapat mengenal cold chain lebih dalam lagi terutama bagi yang olahannya cepat basi dan masih bingung caranya mengawetkan produk dengan tepat.

Untuk pertama kalinya, Yuyun Anwar bersama dengan RumahUKM dan komunitas Frozenfood Indonesia menyelenggarakan workshop satu hari “Mengenal Lebih Dekat: Rantai Dingin dalam Pengolahan Makan Beku dan Chilled” yang mengajarkan dasar-dasar cold chain. Dalam workshop ini, peserta akan mendapat materi mengenai:

  1. Pentingnya cold chain dalam pengolahan makanan minuman
  2. Aplikasi cold chain dari olahan sampai distribusi
  3. Teknologi tepat guna cold chain untuk UKM, cara menyiasati investasi yang mahal
  4. Praktek langsung pengolahan produk minuman kemasan dingin (chilled drink pack): Jus buah kental awet suhu (chilled), milk tea ala Chatime dalam kemasan, dan susu jagung dalam kemasan.

IMG-20150922-WA0002

Waktu dan Lokasi

3 Oktober 2015, pukul 09.00- 14.00
Kediaman Ibu Betsy: Jl. Al Ikhsan No. 104 Kampung Kemang RT 03/09, Jatibening Baru, Bekasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here