Bukan Sekedar Ingatan

0
48
Bukan Sekedar Ingatan

rumahukm.com. Saat konsumen dibanjiri berbagai iklan, word of mouth (WoM), dan foto-foto produk di media sosial, maka brand awareness menjadi faktor penting yang mempengaruhi  perilaku konsumen.

 

Brand Awarenes merupakan keadaan yang menggambarkan sejauhmana konsumen mengenali (brand recognition) dan mengingat (brand recall) sebuah brand  dalam berbagai situasi (Keller, 1993).

 

Brand recognition adalah bentuk kemampuan konsumen untuk mengenali sebuah merek, saat nama merek diberikan sebagai ‘sinyal’. Jadi, konsumen yang memiliki brand recognition akan mampu membedakan merek yang pernah mereka lihat  atau dengar sebelumnya.

 

Sementara itu, brand recall merupakan bentuk kemampuan konsumen untuk mengingat sebuah merek, saat diberikan kategori produk atau konteks yang relevan. Jadi, konsumen bisa menyebutkan nama merek dengan tepat berdasarkan ingatan mereka.

 

Schmitt (2012) menyebutkan brand awareness merupakan hasil dari proses identifikasi (identifying) berupa pencarian, pengumpulan informasi, dan pemaparan terkait merek dan produk kategori serta interaksi antar merek. Proses identifikasi merupakan salah satu bentuk keterlibatan konsumen untuk menemukan dan mengenali merek yang relevan dengan kebutuhan mereka.

 

Oleh sebab itu, brand Awareness memainkan peranan yang besar dalam proses keputusan pembelian sebuah produk, terutama saat konsumen tidak memiliki pengetahuan yang cukup terkait produk. Bahkan, brand awareness mampu memotivasi konsumen untuk membeli, saat mereka sesungguhnya tidak terniat untuk membeli produk tersebut.

 

Kondisi inilah yang disebut pak Bi dalam “Kitab Bisa Bikin Brand” bahwa “Branding itu Mindset Hacking”. Branding itu memanfaatkan ‘celah’ ingatan manusia untuk kepentingan pembentukan brand.  Caranya bisa melalui dua rute, yakni value added dan value creation.

 

Mau tahu lebih dalam tentang value added dan value creation?

Yuk, gabung di workshop “Bisa Bikin Brand” di bulan Juli 2024

Info pendaftaran di biolink @subiakto

 

Bagi yang berminat untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website subiakto.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official.

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here