Artificial Intelegence (AI) Bagi UKM

0
245
Artificial Intelegence (AI) Bagi UKM

rumahukm.com. Dua tahun terakhir, terlihat adanya tren penggunaan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI). AI menjadi peluang yang besar untuk memajukan ekonomi digital di Indonesia termasuk memperkuat UKM untuk ekspor ke pasar internasional.

Studi literatur yang dilakukan Chintalapati and Pandey (2021) menemukan bahwa penggunaan Artificial Intelegence di bidang marketing, meliputi: integrated digital marketing, content marketing, experiental marketing, marketing operation dan market research.

Penggunaan AI yang terintegrasi dengan digital marketing sejalan dengan semakin meluasnya pengguna media sosial sebagai saluran pemasaran digital. AI berguna untuk mengumpulkan, dan menganalisis data konsumen sehingga mengetahui  sentimen konsumen (Micu et al., 2018).

Selain itu, penerapan AI di bidang marketing mengubah mix marketing menjadi Planning, Production, Personalization, Promotion, and Performance (the 5Ps) (Roetzer, 2017) yang menciptakan ikatan yang kuat dengan konsumen dan berpotensi menciptakan value bagi pelanggan (Kumar et al., 2019).

 

Begitu besarnya pengaruh AI terhadap pemasaran dan bisnis di masa mendatang, maka “Indonesia Spicing the World” yang ke-5 mengusung “MANFAAT AI BUAT UKM”,

 

Even “Indonesia Spicing the World”  yang akan diselenggarakan tanggal 24 Agustus 2023 bertempat di Gedung  SMESCO, Jakarta menghadirkan pakar dan pelaku UKM:

YUSWOHADY: “Apakah AI akan membangkitkan FOMO”

BUDI ISMAN: “Perlunya CEO memahami AI”

DION SUBIAKTO: “Pinball Marketing Berlaku buat UKM”

KRIS MOERWANTO:”Perubahan Customer Behavior di era AI”

 

Pada even ini juga akan ada Launching Apps terimacashin.com dan Kitab “Bisa Bikin Brand 1” yang ditulis Pak Bi sebagai panduan UKM membangun Brand

 

Informasi lebih lanjut tentang Even “Indonesia Spicing The World” ke-5 follow  akun IG @subiakto@dwitasoewarno@indonesiabisabikinbrand@indonesiaspicingtheworld@rumahukmcom

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official.

 

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here