Sudah Saatnya Mengekspor Brand, Bukan Komoditas

0
257

rumahukm.com. Kemajuan teknologi telah menciptakan Information Highway (I-Way) yang menempatkan Networks sebagai dasar digital economy. (Tapscott, 1995). Kehadiran   I-Way menciptakan cabang ekonomi baru, yakni digital economy, knowledge economy, network economy, innovation economy, molecular economy dan global economy.

Perkembangan teknologi mendorong kita memasuki era baru yang membuat setiap orang bisa berpartisipasi dalam ekonomi yang membentuk sebuah gerakan baru berupa mass collaboration yang mengubah cara kita menemukan, memproduksi, memasarkan dan mendistribusikan barang dan jasa secara global.

Situasi ini dapat digunakan negara berkembang untuk mengekspor Brand secara global untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satu keunggulan utama Brand dibandingkan komoditas adalah Brand merupakan sumber daya berkelanjutan tanpa batas selama ekuitasnya dapat dipertahankan (Anholt, 1998).

Lebih lanjut, Anholt (2003) menyebutkan langkah pertama yang sebaiknya dilakukan pelaku usaha di negara berkembang adalah menemukan dan membuat produk atau layanan yang kompetitif di pasar global. Tanpa produk yang bagus, branding tidak akan berhasil (Anholt, 2003).

Selain itu, Pak Bi menambahkan untuk meningkatkan daya saing global, UKM Indonesia dapat menggunakan kearifan lokal sebagai nilai tambah. Dalam perekonomian yang semakin terbuka, budaya menjadi kekayaan untuk mengembangkan produk sehingga memiliki keunikan yang otentik. Dan menjadi momentum UKM untuk kembali ke kultur budaya dan kearifan lokal.

Inilah yang mendorong pak Bi menginisiasi gerakan “Indonesia Spicing The World” dengan memilih “REMPAH” sebagai DNA Indonesia yang  merepresentasikan KEBERAGAMAN dan KEKAYAAN Cita Rasa yang ada di INDONESIA.

Tahun ini, Even “Indonesia Spicing The World” ke-5 akan diseleggarakan tanggal 24 Agustus 2023 bertempat di Gedung  SMESCO, Jakarta. Ini menjadi momen yang tepat bagi para UKM untuk bergabung dalam Gerakan “Indonesia Spicing The World” untuk memasarkan produknya ke seluruh dunia.

Ini saatnya UKM memberi ‘rasa’ dan memberi ‘warna’ terbaik untuk Dunia dengan KEKAYAAN Cita Rasa yang ada di INDONESIA.

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official. Dan follow juga Instagram Pak Bi @subiakto.

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here