Tiga Langkah Penting Membangun Bisnis Di Social Commerce

0
458
Tiga Langkah Penting Membangun Bisnis Di Social Commerce

rumahukm.com. Kemajuan teknologi dan perubahan perilaku konsumen berkontribusi terhadap perkembangan  social commerce melalui tiga tahapan (Heinemann &  Gaiser,  2014), yakni:

 

Tahap pertama, fitur rating dan review merupakan tools awal yang berpengaruh terhadap social commerce. Review pelanggan merupakan sumber informasi yang paling penting dan berpengaruh. Sejalan dengan pendapat Hayes (2015) dari semua jenis user generated content  (UGC) yang berupa  berupa foto, video, ulasan produk, dan pertanyaan di situs web perusahaan, maka “product reviews” merupakan UGC yang paling bermakna.

 

Tahap kedua, rekomendasi dan refferal.  Rekomendasi pelanggan berdasarkan pengalaman pribadi penggunaan produk memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan pembelian produk saat ini karena meningkatkan kepercayaan terhadap produk. Selain itu, pemilik bisnis juga bisa menambahkan fitur refferal untuk mendorong pengguna mengajak teman mereka untuk menggunakan produk mereka.

 

Tahap ketiga, social shopping yang merupakan bentuk perilaku konsumen yang memanfaatkan rekomendasi teman dan media sosial untuk bertransaksi dan membeli produk.

 

 

Hadirnya social commerce membuat customer engagement semakin berpengaruh terhadap keberlangsungan sebuah bisnis. Oleh sebab itu, Pak Bi kerap mengingatkan agar pelaku usaha membangun kedekatan dengan konsumen. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan beralih dari fokus pada produk menjadi fokus kepada konsumen.

 

Caranya dengan menerapkan 4E, yang membuat konsumen menjadi Evangelist untuk terlibat secara aktif (Engagement) menyampaikan keunggulan Produk Anda (Excitement) dan bersedia menjadi reseller Anda (Everywhere)

 

Bagi pelaku usaha berminat untuk tertarik beralih dari fokus pada produk menjadi fokus kepada konsumen. silahkan ikuti workshop “Branding Marketing Selling” pada tanggal 15-16 Juni 2023.

 

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official. Dan follow juga Instagram Pak Bi @subiakto.

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here