Tiga Pengaruh AI Terhadap Brand

0
318

rumahukm.com AI is going to make our lives better in the future. Mark Zuckerberg, CEO, Facebook.

Akhir-akhir ini kita sering melihat konten yang mengulas tentang Artificial Intelegence (AI), mulai dari bikin konten hingga bikin logo dan nama merek. Istilah “Artificial Intelegence (AI) pertama kali digunakan pada konferensi Dartmouth College pada tahun 1956 yang menyebutkan AI merupakan mesin yang memiliki kemampuan melakukan tugas kompleks yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia (Sadiku, et al, 2021). Saat ini AI menjadi salah satu isu yang menjadi perhatian berbagai pihak karena menimbulkan pro dan kontra.

Menariknya, studi yang dilakukan McKinsey & Co. terhadap lebih dari 400 penggunaan AI, di 19 industri dan 9 fungsi bisnis menemukan bahwa penggunaan AI terbesar berada di area  pemasaran dan penjualan (Chui et al. 2018).

Hal ini mendorong West, Clifford & Atkinson (2018) melakukan riset untuk mengetahui pengaruh AI terhadap Brand, yang hasilnya mengungkapkan bahwa penerapan AI meningkatkan efisiensi operasional  untut memenuhi Brand Promise, meningkatkan layanan pelanggan melalui natural language processing (NLP) dan dapat melakukan personalisasi pelanggan secara tepat.

Meski AI memberikan manfaat bagi pemasar, namun AI masih menyisakan sejumlah persoalan yang berkaitan dengan privasi data, bias algoritmik, dan etika (Larson 2019). Oleh sebab itu, Davenport, et al (2019) menyebutkan penggunaan AI lebih efektif untuk membantu bukan menggantikan sumber daya manusia.

Begitu besar peranan dan pengaruh AI terhadap pemasaran dan Branding di masa mendatang, maka “Indonesia Spicing the World” yang ke-5 mengusung “MANFAAT AI BUAT UKM” agar UKM dapat mengoptimalkan penggunaan AI dalam mengelola Brand mereka sehingga mampu bersaing di pasar internasional.

Even “Indonesia Spicing the World” yang akan diselenggarakan tanggal 24 Agustus 2023 bertempat di Gedung SMESCO, Jakarta menghadirkan pakar dan pelaku UKM:

YUSWOHADY: “Apakah AI akan membangkitkan FOMO”

BUDI ISMAN: “Perlunya CEO memahami AI”

DION SUBIAKTO: “Pinball Marketing Berlaku buat UKM”

KRIS MOERWANTO:”Perubahan Customer Behavior di era AI”

Pada even ini juga akan ada Launching Apps terimacashin.com dan Kitab “Bisa Bikin Brand 1” yang ditulis Pak Bi sebagai panduan UKM membangun Brand

Informasi lebih lanjut tentang Even “Indonesia Spicing The World” ke-5 follow  akun IG @subiakto@dwitasoewarno@indonesiabisabikinbrand@indonesiaspicingtheworld@rumahukmcom

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official.

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here