Beriklan dengan AI

0
144
Beriklan dengan AI

rumahukm.com Internet telah mengalami perkembangan sejalan dengan perkembangan teknologi yang telah mengubah arah orientasi internet dari business-centric ke consumer-centric (Martınez-Lopez et al., 2016).

 

Platform web 2.0 yang memiliki karateristik, yaitu: digital, proaktif, visible,  real-time dan tahan lama, mudah dijangkau kapan saja dan dimana saja dan terhubung dalam networking (Hennig-Thurau et al., 2010). Platform ini mengubah era informasi menjadi era partisipasi yang memberi kesempatan pada setiap orang untuk membuat dan mendistribusikan konten. Konsumen dapat mengekspresikan kebutuhan,  keinginan, sikap, dan nilai mereka dalam berbagai bentuk, antara lain:  pencarian, komentar, blog, Tweet, “like”, video, dan percakapan (Kietzmann, et al, 2018).

 

Segala bentuk ekspresi konsumen ini menjadi kumpulan data yang tidak ada habisnya dan terus tumbuh baik aspek volume, kecepatan hingga tingkat kebenarannya. Oleh sebab itu, hadirnya AI dapat membantu Advertiser untuk mengumpulkan data konsumen dan menganalisanya sehingga menghasilkan consumer insight.  Selanjutnya,  Consumer insight ini digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen.

 

Batra & Keller (2016) mengungkapkan tujuan utama iklan memasukan Brand menjadi bagian yang patut dipertimbangkan konsumen untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Lebih lanjut, Court et al, (2009) menyebutkan konsumen melalui beberapa tahap sebelum membeli dan menggunakan produk (lebih dikenal dengan istilah consumer journey), yakni: need recognition, initial consideration, active evaluation, purchase, dan post-purchase.

 

Jadi, advertiser dapat memanfaatkan AI pada setiap tahapan consumer journey untuk menciptakan pesan yang relevan dengan konsumen. Misalnya, pada tahap need recognition, informasi masih berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, maka AI berfungsi untuk menciptakan profil konsumen secara real time, saat konsumen mengekspresikan kebutuhan dan keinginan mereka secara online (Kietzmann, et al, 2018).

 

Selanjutnya, pada tahap initial consideration dan active evaluation, saat konsumen telah membuat daftar pilihan Brand yang menjadi pertimbangan, maka AI dapat membantu menentukan konsumen yang berkeinginan kuat untuk membeli, dan menciptakan pesan yang menanamkan kepercayaan dan meyakinkan konsumen untuk membuat pilihan terbaik (Kietzmann, et al, 2018).

 

Pada tahap purchase, saat konsumen memutuskan membeli maka AI akan mengetahui seberapa besar tingkat preferensi brand konsumen dan kesediaan mereka untuk membayar dan menganalisis Brand Value yang bisa ditawarkan kepada konsumen. Pada tahap ini, advertiser mengkomunikasikan Brand Value dan juga kelebihan fitur yang menjadi pembeda dengan pesaing, misalnya garansi, kebijakan pengembalian.

 

Selanjutmya, pada tahap post-purchase, AI membantu mengevaluasi kepuasaan pelanggan, keinginan konsumen melakukan word of mouth serta memperkirakan mengidentifikasi pelanggan mereka yang paling berharga (berdasarkan customer lifetime value).

 

Begitu besar peranan dan pengaruh AI terhadap pemasaran dan Branding di masa mendatang, maka “Indonesia Spicing the World” yang ke-5 mengusung “MANFAAT AI BUAT UKM” agar UKM dapat mengoptimalkan penggunaan AI dalam mengelola Brand mereka sehingga mampu bersaing di pasar internasional.

 

Even “Indonesia Spicing the World”  yang akan diselenggarakan tanggal 24 Agustus 2023 bertempat di Gedung  SMESCO, Jakarta menghadirkan pakar dan pelaku UKM:

YUSWOHADY: “Apakah AI akan membangkitkan FOMO”

BUDI ISMAN: “Perlunya CEO memahami AI”

DION SUBIAKTO: “Pinball Marketing Berlaku buat UKM”

KRIS MOERWANTO:”Perubahan Customer Behavior di era AI”

 

Pada even ini juga akan ada Launching Apps terimacashin.com dan Kitab “Bisa Bikin Brand 1” yang ditulis Pak Bi sebagai panduan UKM membangun Brand.

 

Informasi lebih lanjut tentang Even “Indonesia Spicing The World” ke-5 follow  akun IG @subiakto@dwitasoewarno@indonesiabisabikinbrand@indonesiaspicingtheworld@rumahukmcom

 

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Produk Lokal Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

Lebih lanjut, untuk mendapatkan inspirasi dan insight membangun bisnis yang sustainable dan profitable bisa langsung ke website subiakto.comindonesiaspicingtheworld.com dan rumahukm.com  serta  subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official.

 

Penulis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here