Tips Jualan di Media Sosial

0
451

Perkembangan teknologi seluler yang tumbuh dengan cepat dan berkembangnya komunikasi peer-to-peer melalui media sosial mendorong kita masuk ke era konektivitas. Era ini melahirkan platform web 2.0 sebagai “media baru” yang memiliki karateristik, yaitu: digital, proaktif, visible,  real-time dan tahan lama, mudah dijangkau kapan saja dan dimana saja serta terhubung dalam networking (Hennig-Thurau et al., 2010).

 

Hadirnya platform Web 2.0 mendorong perubahan pendekatan marketing yang ditandai dengan tiga jenis perubahan, yakni konsumen menjadi fokus utama bukan produk, konsumen bersifat aktif dan iklan menjadi kurang efektif (Burgos & Corte, 2009).

 

Selain itu, sejumlah penelitian menemukan bahwa orang membeli produk berdasarkan emosi kemudian membenarkan keputusan tersebut dengan logika mereka (Rodriguez 2020). Oleh karena itu. pemasaran di era konektivitas modern tidak lagi meyakinkan pelanggan dengan keunggulan produk menggunakan statistik, fakta, dan logika.

 

Dengan demikian, Moin (2020) menyebutkan pemasaran kontemporer bukan tentang produk yang kita buat. Atau, layanan yang kita tawarkan. Tapi, cerita tentang pengalaman menggunakan Brand. Sebuah pengalaman yang membuat pelanggan punya banyak cerita untuk diceritakan kepada orang lain (Moin, 2020).

 

Nah, bagi pelaku UKM yang ingin berjualan di media sosial. Pak Bi memberi tips praktis: “Jangan jualan produk.  Mulailah dengan cerita. Cerita tentang keunikan produk kamu”.

 

Contohnya kerupuk mager. Alih-alih cerita tentang kualitas nomor satu, terbuat dari bahan-bahan pilihan. Tapi, cerita tentang bagaimana suara nyaring saat digigit merangsang hormon bahagia yang membuat suasana ceria sepanjang hari.

 

Kerupuk mager tidak sedang jualan produk. Tetapi jualan suasana ceria sepanjang hari gara-garaa suara nyaring ‘kriuknya’ ketika digigit.

 

Lebih lanjut, Pak Bi menyampaikan cerita tentang value produk semakin kaya jika ada brand strateginya.

 

 

Bagi pelaku UKM yang tertarik mau jualan dengan Storytelling. Yuk, segera bergabung di Workshop “Storytelling Copywriting” tanggal 17-18 Maret 2023 jam 19.00-22.00 wib

 

Daftar di biolink @subiakto atau https://spowercopywriting.com

 

 

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia dengan Brand Origin Indonesia

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

Silahkan subscribe channel Youtube pak Subiakto di Subiakto Official untuk mendapatkan inspirasi dan insight dalam membangun bisnis yang sustainable dan profitable.

 

Penuis: JF Sebayang

@jfsebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here