Genjot Daya Saing UMKM dengan Tranformasi Digital

0
220

rumahukm.com Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK), bekerja sama dengan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) menyelenggarakan pelatihan bertajuk Level Up UMKM Indonesia sebagai rangkaian kegiatan dari UMKM Untuk Indonesia (UUI) untuk Transformasi Digital.

SETC merupakan program pembinaan dan pengembangan UMKM PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) di bawah payung program keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia. Pelatihan tersebut digelar pada Selasa (13/6/2023) di Tangerang Selatan.

Kegiatan yang diikuti oleh 100 pelaku UMKM ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas pemasaran digital dan optimalisasi pembayaran digital menggunakan QRIS. Hal ini diharapkan dapat memperkuat daya saing UMKM sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi setempat.

“Melalui kolaborasi pemerintah, industri, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya, kami akan terus mengembangkan UMKM agar bisa naik kelas dan berkualitas serta siap go digital sehingga mampu meningkatkan daya saing mereka,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan, Warman Syanudin, ketika membuka pelatihan tersebut.

Sementara itu, Lista Hurustiati, Founder Gerai Lengkong dan sebagai ketua pelaksana CSR Kota Tangerang Selatan yang hadir pada acara pelatihan, memberikan apresiasi terhadap inisiatif program pelatihan dan pendampingan ini. Beliau menekankan pentingnya UMKM untuk go digital.

“Pemasaran dan pembayaran digital merupakan salah satu aset untuk meningkatkan daya saing UMKM agar mampu memperluas pangsa pasar usahanya,” ujar Lista.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna Ishak Danuningrat mengatakan bahwa Sampoerna berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM, termasuk melalui transformasi digital.

“Melalui payung program keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia, kami senantiasa mendukung sektor UMKM untuk terus bertumbuh sebagai salah satu penggerak utama perekonomian nasional,” ujarnya.

Sejak didirikan pada 2007, SETC telah memberi pelatihan kepada lebih dari 67.000 pelaku UMKM di Indonesia, baik secara daring maupun luring.

Direktur Eksekutif INOTEK Ivi Anggraeni berharap bahwa para pelaku UMKM yang mengikuti acara ini dapat terus meningkatkan kapasitas ilmu bisnis digital yang diperolehnya dalam upaya mengembangkan usahanya sehingga mampu berdampak terhadap kemajuan perekonomian, khususnya di Kota Tangerang Selatan.

Program UUI yang digelar pada Maret – November 2023 ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan teknologi digital para pelaku UMKM di Provinsi DKI Jakarta dan Banten sehingga mereka dapat meningkatkan daya saing mereka.

Dalam pelaksanaan program UUI untuk Transformasi Digital, INOTEK dan SETC menggandeng beberapa mitra strategis, di antaranya adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kota Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, dan Pemerintah Kota Serang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here