4 Elemen Ini Bisa Membantu Branding Bisnismu

0
18
4 Elemen Ini Bisa Membantu Branding Bisnismu

Kata siapa kamu mesti selalu mengeluarkan budget besar untuk membuat bisnismu eksis dan dikenal banyak orang? Big no! Kamu cukup punya 4 elemen ini dulu. Apa aja?

Website
Brand butuh online presence. Untuk mengawali kehadiranmu di ranah digital, coba bikin
website khusus bisnismu. Website jadi semacam etalase virtual yang akan ditengok audiens sebagai salah satu kesan pertama. Jangan lupa bikin website yang simpel dan user-friendly.
Desain, fitur-fitur yang tersedia, dan kemudahan akses, akan jadi prioritas utama. Website ini juga akan jadi pusat informasi terlengkap buat audiensmu saat ingin tau lebih dalam soal bisnismu. Eits, make sure kamu menghubungi web developer terpercaya agar data-datamu tetap aman.

Konten
Media sosial sudah bukan hal baru. Yang perlu dicamkan adalah pembuatan kontennya yang perlu strategi tepat dan efektif. Dalam membuat konten, sisipkan unsur emosional di dalamnya, misalnya tentang kejutan, kebahagiaan, empati, nostalgia, atau malah kesedihan yang membuat audiens terharu. Bentuknya bisa berupa tulisan, audio aja, visual aja, atau audiovisual. Tulisan bisa berbentuk caption yang menarik, audio visual bisa lewat video YouTube atau Instagram reels. Sekedar bocoran, menurut wordstream.com, konten berbentuk video bisa menaikkan omset hingga 49% lebih cepat, lho!

Micro-Influencer
Kerja sama dengan influencer mahal? Nggak juga, toh kamu gak perlu berkolaborasi dengan influencer besar dengan followers jutaan. Kamu bisa memulainya dengan micro-influencer.
Followers mereka mungkin hanya ribuan atau puluhan ribu, tapi engagement rate mereka bisa tinggi karena mereka punya audiens yang sesuai dengan niche mereka. Oleh karena itu, coba cari micro-influencer yang punya followers sesuai dengan target audiensmu. Jangan salah pilih, karena salah sedikit aja bisa jadi blunder.

Social Campaign
Bisnis masa kini akan lebih jadi sorotan khalayak saat mengangkat isu sosial atau lingkungan.
Yes, angkat suatu campaign atau value tentang social atau environment issue, atau apapun itu tentang kebaikan dan sustainability. Isu-isu seperti ini bisa menggerakkan orang untuk tertarik dan mudah terkoneksi dengan bisnismu.

Keempat elemen di atas mesti ada di bisnis kamu tanpa harus mengeluarkan budget tinggi.
Yang terpenting adalah menjalankannya secara konsisten dan selalu tempatkan fokusmu pada customer, karena merekalah kunci bisnismu tetap ada.

Kamu udah punya yang mana aja?

 

Penulis: Nungki Mayangwangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here