TAGLINE VS SLOGAN

0
29
TAGLINE VS SLOGAN

Gak ada abisnya bahas topik ini. Karena selain seru, masih banyak juga yang belom paham soal ini.

Lah, emang #tagline dan #slogan beda?
Nah, kan. 😄😭

Walaupun kedua istilah ini berupa kalimat pendek yang sering ditemui di script ads atau teks copywriting lainnya, bentukannya mirip, tapi sebenernya goals-nya beda.

“Manalagi Selain di McD” itu contoh tagline, karena refer to McD-nya sendiri sebagai sebuah brand. Dari dulu sampe sekarang, kalimat ini gak berubah, masih nempel di otak, siapa pun nyaris gak ada yang gak tau. Nempel karena dari dulu iklannya sering banget nongol, jingle-nya diputer dimana-mana, lah gimana gak stuck tuh di otak kita semua. Pinter emang yang bikinnya 😂. Siapa coba yang bikin jingle dan tagline ini? Kelewatan kalo gak tau. 😬😬😬

Nah, slogan itu sifatnya lebih dinamis, bisa berganti-ganti tergantung marketing campaign yang lagi berjalan, tergantung produk. Yes, karena slogan mengacu ke campaign atau produk yang spesifik. Dan kebutuhan untuk campaign dan produk kan pasti berubah juga. Contohnya? Slogan iPad Air 2 misalnya, “Change Is In The Air”. Abis itu seri iPad berikutnya bisa aja slogannya beda, tergantung fitur/kecanggihannya yang baru. Begitu terus.

Nangkep sampe sini?

Penting gak sih bikin tagline? Bikin slogan?
Penting banget. Karena ini jadi salah satu magnet branding, dimana menduduki langkah ke-14 di brand canvas-nya Pak Bi @subiakto. Dengan tagline dan slogan, kamu punya value yang beda dari yang lain, alias bisa stand-out.

Tagline sendiri lahirnya dari brand positioning. Brand positioning ini dibentuk oleh DNA + Core Value + Added Value. Brand positioning, brand DNA, core value, added value. Laaah apa lagi sih ini. Hahahaha, Yang rajin nyimak postingan saya pasti ada sedikit gambaran. Tapi yang belom, pasti bingung. 😬

Kalo penasaran, Workshop Online MAGNET BRANDING ada lagi nih di 18-20 Agustus bulan depan! Kali ini mesti ikutan ya. Cek link di bio Pak Bi @subiakto untuk cara daftarnya, atau kontak Pak Kasim di 085223944575.

Sumber: @mayangwangi

#tagline #slogan #brandcanvas #magnetbranding #workshoppakbi #workshopmagnetbranding #subiakto #bisabikinbrand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here