EVANGELIST – BRAND ADOPTER – BRAND ADORER – BRAND ADVOCATES

0
15
EVANGELIST – BRAND ADOPTER – BRAND ADORER – BRAND ADVOCATES

Ini penjelasan yang gamblang dari alumni BBB @jfsebayang. Silahkan disimak.

Cara Mudah Mengenali Tipe Pelanggan

Strategi pemasaran Word of Mouth memiliki pengaruh yang kuat namun hemat biaya karena melibatkan konsumen atau pelanggan untuk melakukan ‘pemasaran’ dengan merekomendasikan Brand kepada teman atau tetangga. Konsumen atau pelanggan yang memberikan rekomendasi di jejaring sosial mereka disebut Brand Advocate (Fuggeta, 2012).
.
Salah satu cara untuk mengenali Brand Advocates melalui brand advocacy pyramid. Setiap konsumen, pelanggan atau klien dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan (Rusticus, 2006).
.
Rusticus (2006) mengemukakan brand advocacy pyramid terdiri dari: Brand Adopter, Brand Adorer, dan Brand Advocate.

Brand Adopter berada pada bagian bawah piramida. Brand Adopter merupakan konsumen cukup puas dengan ‘Brand experience’ sehingga menjadi pelanggan tetap.

Pelanggan yang puas dengan ‘Brand experience’ akan menunjukkan ketertarikan dan loyalitas yang tinggi terhadap Brand tersebut. Kelompok ini akan menempati posisi di tengah piramid yang disebut Brand Adorer.

Pada puncak piramid akan ditempati Brand Advocates, yakni konsumen, pelanggan atau klien yang sangat puas dengan ‘Brand Experienc’ sehingga mereka bersedia untuk merekomendasikan dan menyebarkannya ke jejaring sosial mereka.

Brand experience yang memberikan kepuasan kepada konsumen atau pelanggan menjadi faktor penting agar orang menjadi loyal dan bersedia merekomendasikan Brand kepada teman mereka.

Produk yang memberikan pengalaman yang melebihi harapan konsumen akan mudah menjadi percakapan antar konsumen. Dan dengan sedikit penambahan kegembiraan maka Word of Mouth akan berubah menjadi viral (Marsden, 2006)
.
Bagi pelaku usaha yang tertarik mengubah Produk menjadi Pengalaman tak Terlupakan, bisa belajar di Workshop Magnet Branding (Online) tanggal 18-20 Agustus 2022.

.
#ReBrandingIndonesia #IndonesiaSpicingTheWorld #IndonesiaMembumbuiDunia #BisaBikinBrand #MedanBisaBikinBrand #hawkerprenuer #streetfoodprenuer #magnetbranding

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here