MENGENAL BRAND ADVOCATE

0
37
MENGENAL BRAND ADVOCATE

TULISAN DARI @jfsebayang ALUMNI BBB YANG MENCERAHKAN

 

Word of mouth terbukti memiliki pengaruh yang kuat untuk memperkenalkan sebuah produk. Oleh karena, secara alamiah setiap orang suka berbagi dan merekomendasikan apa pun yang terbukti bermanfaat bagi mereka kepada orang yang terdekat dengannya (keluarga ataupun teman).

Rob Fuggetta menyebut pelanggan yang antusias dengan Brand Anda dan bersedia merekomendasikan kepada teman mereka dikenal dengan berbagai istilah Customer Advocate, ‘WOM Champions’, ‘Customer Champions’, ‘Customer Evangelists’, dan Brand Advocates.

Pengaruh word of mouth semakin kuat saat menyebar melalui media sosial. Hasil riset menunjukkan setiap kali seorang konsumen memposting sesuatu di media, jangkauan mencapai minimal 150 orang (Fuggetta, 2012).

Lebih lanjut, Rob Fuggeta mengungkapkan Brand advocate rata-rata memiliki 200 hingga 450 orang di jejaring sosial mereka, sehingga postingan mereka mampu memberi pengaruh yang besar terhadap sebuah produk Brand.

Fuggetta menyebutkan salah satu keunggulan menggunakan Brand Advocate untuk memasarkan produk kita adalah : “Advocates’ love for you isn’t fleeting. This isn’t a summer romance or a brand fling.” Brand Advocate benar-benar menyukai Brand anda, bahkan saat perusahaan melakukan sesuatu yang bodoh, Brand Advokat akan tetap mendukung Anda (Fuggetta, 2012).

Pak Bi dalam workshop “Branding Marketing Selling”, mengemukakan menciptakan Brand Advocate bermula dari sebuah pengalaman. Pengalaman yang berkesan akan mengubah pembeli menjadi pelanggan setia. Kemudian pengalaman dan hubungan yang baik antara Brand dan Pelanggan menciptakan Brand Advocate.

Bagi pelaku usaha yang tertarik mengubah “pelanggan menjadi Brand Advocates’ sebaiknya mengikuti serial workshop “Branding Marketing Selling”, “Magnet Branding” dan “Brand Distruption” agar mendapat pemahaman yang lengkap tentang Brand Advocates.

 

Penulis: JF Sebayang

#ReBrandingIndonesia #IndonesiaSpicingTheWorld #IndonesiaMembumbuiDunia #BisaBikinBrand #MedanBisaBikinBrand #hawkerprenuer #streetfoodprenuer #MieSopRempah #MieSopRempahHaniya #GastronomyTourism #CulinaryTourism #SCopywriting #SPowerCopywriting #TipsCopywriting #BelajarCopywriting #workshopCopywriting #MagnetBranding


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here