CITY BRANDING DENGAN SATE

0
21
CITY BRANDING DENGAN SATE

Sate atau satai merupakan makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Sate diperkirakan berasal dari makanan jalanan di Jawa sekitar awal abad ke-19,  yang semakin populer dengan semakin banyaknya pendatang dari Arab dan pendatang Muslim Tamil dan Gujarat dari India ke Indonesia.  (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Sate)

Dari Jawa, sate menyebar ke seluruh Nusantara dengan berbagai variasi bumbu dan jenis daging, dan sekarang dianggap sebagai masakan nasional Indonesia. Variasi sate di Indonesia biasanya dinamakan berdasarkan tempat asal resep sate tersebut, jenis dagingnya, bahannya, atau proses pembuatannya. Beberapa variasi sate, antara lain: Sate Ambal (Kebumen, Jawa Tengah), Sate Ampet (Lombok), Sate Blora, Sate Gorontalo, Sate Madura, Sate Padang dan Sate Maranggi (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Sate)

Sate Maranggi merupakan sate khas Sunda yang lazim ditemukan di PurwakartaCianjur, dan Bandung. Kekhasan dari sate Maranggi karena menggunakan bumbu sate yang terbuat dari pucuk bunga kecombrang dan tepung ketan yang memberikan aroma dan citarasa yang khas.

Sate Maranggi yang khas menjadi tipping point yang relevan untuk membangun City Branding Purwakarta dengan value “Ingat Maranggi, Ingat Purwakarta.” Value ini menjadi alasan yang kuat mengapa orang yang melakukan perjalanan menuju Bandung harus mampir ke Purwakarta.

Selain itu, menggunakan Sate Maranggi  yang merupakan komunal Brand masyarakat Purwakarta maka sekaligus memperkuat ikatan emosi antara warga purwakarta dengan City Branding yang diciptakan.

Oleh sebab itu, Pak Bi menyebutkan langkah penting membangun Brand dengan menemukan DNA-Core Value-Add Value-Positioning sehingga jelas persepsi yang ingin diciptakan di benak konsumen dan sekaligus membangun  ikatan emosi yang kuat dengan konsumen.

Bagi pemerintah kota dan pengelola tempat (destinasi) yang tertarik menemukan  “DNA-Core Value-Add Value-Positioning” untuk lokasi yang sedang dikelola, silahkan nantikan Workshop Offline Eksklusif “BISA BIKIN BRAND” periode berikutnya.

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia Pesona Kota-Kota di Indonesia
Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia
Cita Rasa Dunia … Indonesia

Silakan subcribe channel Youtube pak Subiakto, untuk mendapatkan inspirasi dan insight dalam membangun bisnis yang sustainable dan profitable.

Ini saatnya Indonesia “Membumbui Dunia Pesona Kota-Kota di Indonesia”

Kreasi Anak Bangsa, Cita rasa untuk Dunia

Cita Rasa Dunia … Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here