AKHIRNYA ADA ISTILAH YANG TEPAT BUAT “BRAND YANG BERARTI NAMA + MAKNA.”

0
31
Gambar: Artobiantoro

“BRAND IS NAME PLUS MEAN”

Melanjutkan postingan Mas @artobiantoro Top of mind (TOM) artinya menempatkan Brand kita sebagai yang pertama di benak konsumen. Kita percaya semakin Brand kita diingat, semakin dilihat maka potensi Brand kita dipilih dan dibeli menjadi lebih besar.

Hmmm.. hari ini sudut pandang ini nga 100% benar. Karena Brand yang punya dana pemasaran dan promosi besar bisa saja membombardir calon konsumen untuk diingat dan jadi top of mind tapi pada akhirnya tohh bisa saja interaksinya minim. Banyak eksekutif pemasaran yang juga semakin mempertanyakan pendekatan ini dan mengeluhkan dana besar untuk jadi TOM tapi tidak berdampak apa apa. Tidak pada penjualan bahkan tidak pada relasi.

Plus semakin banyak produk dan jasa yang mirip sehingga kita suka malah ke jebak dengan komoditas seperti Aqua untuk semua air minum dan Teh Botol untuk semua teh dalam botol. Orang inget Teh Botol tapi yang diminum bisa jadi teh lain. Ini tantangan.

Yang semakin relevan adalah Top of Mean. Mean artinya berarti. Brand yang mampu menciptakan arti atau makna bagi ekosistemnya itulah yang dicari. Itu juga bukan berarti kita harus selalu promosi tapi yang lebih penting kita harus punya inisiatif yang bermakna dan berarti sehingga Brand kita diingat justru karena kita memberi arti.

Jadi fokus untuk menambah arti bagi Brand kita. Kita tidak perlu populer di seluruh dunia tapi kita perlu berarti bagi ekosistem/stakeholder kita sehingga visi Brand kita akan terus berkelanjutan.

#belajarbranding #brandlokal #artobiantoro #subiakto #praktisibranding

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here