4 Persiapan Bisnis Menjelang Ramadhan Bagi UKM

0
133

Tinggal menghitung hari kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Tentunya bulan Ramadhan menjadi peluang besar bagi para pelaku Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) untuk meraih keuntungan atau profit yang meningkat dari penjualan produk.

Selain mempersiapkan diri untuk beribadah, tentunya Anda juga perlu mempersiapkan strategi dalam menjalankan bisnis anda di bulan Ramadhan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan bisnis di bulan Ramadhan. Apa saja? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

1. Cek Tren Produk yang Laris di Bulan Ramadhan

 

 

 

 

 

 

Salah satu kunci penting menyambut Ramadhan adalah mencari tahu produk apa saja yang laris di pasaran sehingga Anda memiliki peluang besar meningkatkan penjualan di momen Ramadhan.

Ada banyak informasi di internet yang dapat Anda jadikan referensi untuk melihat produk apa saja yang akan ramai dipasaran selama bulan Ramadhan. Salah satu produk andalan selama Ramadhan adalah produk fashion, makanan siap masak hingga skin care.

2. Percantik Tampilan Tempat Anda Berjualan

Di era saat ini, Anda pasti sudah memiliki toko online yang menampilkan produk- produk Anda. Saatnya untuk mempercantik toko atau tempat Anda berjualan untuk menarik pembeli yang dapat Anda sesuaikan dengan suasana Ramadhan.

Begitu juga dengan toko offline Anda, berikan dekorasi spesial Ramadhan sehingga pelanggan yang mengunjungi toko Anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

3. Siapkan Strategi Selling

 

 

 

 

 

 

 

 

Pak Bi sering menyampaikan kepada pelaku UKM bahwa teknik selling itu terdiri dari 5 ‘peluru’, salah satunya yaitu DISKON. Di sini Anda bisa memberikan diskon khusus kepada pembeli selama bulan Ramadhan, misalnya diskon 20% untuk jumlah pembelian tertentu.

Anda juga dapat memberikan bebas ongkos kirim jika menjual produk di marketplace yang tentunya akan membantu meningkatkan penjualan Anda bahkan menjangkau lebih banyak pembeli antar pulau.

4. Siapkan Produk Spesial Ramadhan

 

 

 

 

 

 

Jika melihat data yang dihimpun Tokopedia, tercatat ada peningkatan penjualan parsel makanan hingga 4 kali lipat. Tentunya, ini menjadi peluang besar bagi Anda untuk menjual produk makanan spesial Ramadhan yang dapat dikemas dalam bentuk hampers dan dikombinasikan dengan produk Anda.

Selain itu, produk spesial ramadhan juga bisa berupa kemasan khusus yang memang Anda buat selama bulan Ramadhan serta ditambahkan kartu ucapan spesial yang bersifat personal.

Setidaknya Anda dapat melakukan 4 cara di atas untuk memaksimalkan bisnis selama Ramadhan agar Anda punya peluang besar untuk meningkatkan penjualan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here