3 Produk Khas Ramadhan, Peluang untuk Para UKM.

0
45

Tinggal menghitung hari, kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan yang dinantikan oleh banyak pelaku bisnis, terutama untuk pelaku bisnis yang menyasar kalangan umat muslim.

Setiap memasuki bulan Ramadhan, tentu terbuka juga peluang bisnis bagi para pelaku UKM, termasuk Anda. Ada banyak produk yang biasanya mengalami peningkatan permintaan di bulan Ramadhan, 3 diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Takjil

Gambar : suara.com

Takjil menjadi makanan pembuka saat adzan maghrib berkumandang. Salah satu perilaku masyarakat Indonesia ketika berbuka puasa adalah memakan makanan ringan terlebih dahulu seperti gorengan, kolak, es buah dan lainnya, setelah itu dilanjutkan dengan menu makan utama yakni nasi + lauk favorit.

Jika Anda tertarik menjajakan takjil, Anda akan menemui rush hour pada pukul 17.30 WIB atau menjelang waktu maghrib. Menariknya, para penjual takjil biasanya membuka lapak di pinggir jalan dan selalu ramai dengan pembeli yang datang berbondong-bondong.

2. Fesyen Muslim/Muslimah

Meskipun kita masih cukup membatasi untuk bertemu secara langsung dengan banyak orang, akan tetapi setiap tetap ingin tampil menarik selama bulan Ramadhan. Di sinilah menjadikan peluang usaha fesyen muslim ini cukup menjanjikan, selain digunakan untuk diri sendiri, fesyen di momen Ramadhan ini juga menjadi produk yang sering dipilih masyarakat sebagai hadiah kepada orang yang mereka kasihi, mulai dari pasangan, orang tua, kerabat, hingga teman terdekat mereka.

Anda bisa mulai mencari produk fesyen muslim/muslimah yang cocok dengan trend dan menarik bagi target pasar Anda, terlebih lagi jika Anda mengincar anak muda, maka produk fesyen Anda harus up to date dan sesuai dengan trend.

3. Katering Makanan

Satu produk atau peluang yang menarik di bulan Ramadhan adalah katering makanan. Meskipun umat Islam sedang berpuasa, tapi masih banyak orang yg ingin menambah variasi menu berbuka dan sahur. Terlebih lagi, jika seseorang yang memiliki pekerjaan hingga sore hari dan tidak sempat menyiapkan menu berbuka.

Selain itu, bulan Ramadhan juga banyak event atau kegiatan buka bersama yang pastinya membutuhkan makanan dalam jumlah yang cukup banyak, di sini Anda dapat menjadi salah satu penyedia makanan untuk kegiatan tersebut.

Demikian 3 produk yang biasanya meningkat secara permintaan di bulan Ramadhan. Tentunya masih banyak produk-produk yang diminati oleh masyarakat selama bulan Ramadhan dan dapat menjadi peluang bisnis bagi pelaku UKM seperti Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here