3 Cara Efektif Memberikan Nilai Tambah untuk Brand Anda

0
143

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, ada tambahan 1.415.602 UMKM yang bergabung ke platform digital seperti marketplace, e-commerce, Gojek, Grab dan lainnya, hal ini berarti total sudah lebih dari 10 juta UMKM yang go digital dan siap bersaing satu sama lain.

Jika Anda merupakan salah satu pelaku UKM yang go digital, maka sudah seharusnya brand Anda stand out from the crowd. Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini.

1. Kecepatan Pelayanan

Kecepatan dalam memproses sebuah transaksi menjadi satu nilai penting bagi konsumen Anda, first experience konsumen ketika membeli sebuah produk dan menentukan apakah ia akan menjadi pelanggan atau tidak.

Perlu Anda ingat, banyak konsumen yang rela membayar lebih asalkan mendapat jaminan produk yang ia beli sampai dengan lebih cepat, oleh karena itu layanan pengiriman Same Day menjadi opsi menarik bagi konsumen dan tentu saja harus dibarengi kesiapan penjual atau pemilik brand dalam menyediakan produk.

Tapi, Anda juga harus memberikan jaminan kecepatan secara matang, agar sesuai antara bukti dengan janji, serta tidak over promise kepada konsumen Anda. 

2. Tambahkan Physical Benefit ke Pembeli

Pembeli artinya orang yang baru pertama melakukan transaksi atau mencoba produk kamu, di sinilah kesempatan Anda untuk memberikan pengalaman yang lebih kepada pembeli agar bisa menjadi pelanggan, caranya dengan memberikan tambahan manfaat fisik kepada produk yang kamu jual.

Misalnya, Anda menjual kaos yang berbahan halus dan juga anti luntur, maka pembeli akan merasa  mendapatkan kualitas produk yang sesuai bahkan lebih dari yang diharapkan. Lalu, Anda juga bisa memberikan sampel produk yang lain kepada pembeli, agar ia memiliki gambaran jika akan melakukan repeat order terhadap produk Anda.

3. Berikan Loyalty Program untuk Pelanggan

Jika dengan menambah physical benefit Anda dapat menarik pembeli menjadi pelanggan, maka tugas selanjutnya adalah bagaimana membuat pelanggan semakin loyal terhadap brand Anda.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat loyalty program seperti memberikan bonus tertentu kepada pelanggan, atau membuat member card yang memberikan beberapa manfaat khusus kepada pelanggan, lalu bisa juga dengan membuat event atau pertemuan khusus yang ditujukan untuk pelanggan.

Sumber : Penulis

Pak Bi sering sharing kepada pelaku UKM cara mudah untuk membangun brand, yakni dengan menjawab dengan detail 3 pertanyaan di atas, maka Anda bisa mulai memberikan nilai tambah kepada konsumen. Jadi, jangan lagi terjebak dengan perang harga, berilah nilai tambah brand Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here