3 Psikologi Marketing yang Dapat Diterapkan UKM

0
91

Salah satu kendala yang sering terjadi bagi para pelaku UKM adalah marketing. Marketing yang menarik akan memberikan peningkatan pendapatan untuk usaha atau bisnis yang sedang dijalankan. Dalam melakukan aktivitas marketing, pelaku UKM juga perlu menggunakan pendekatan dari sisi psikologi untuk menarik target market agar membeli produknya.

Pak Bi sudah sering membagikan 5 teknik selling yang bisa dilakukan oleh para pelaku UKM yakni BARU, BONUS, DISKON, CASHBACK dan CICILAN. Nah, 5 cara tersebut akan semakin menarik jika dikombinasikan dengan pendekatan psikologi marketing berikut ini:

1. Decoy Effect

Gambar : Google

Psikologi marketing yang paling populer adalah Decoy Effect. Decoy effect adalah sebuah fenomena di mana konsumen cenderung akan mengganti pilihan diantara 2 opsi, jika diberikan opsi ketiga yang tidak seimbang.

Menurut sebuah riset, jika Anda menerapkan prinsip Decoy Effect maka Anda bisa meningkatkan penjualan hingga 60% lho.

Berikut ini 3 cara yang bisa Anda terapkan jika menggunakan trik Decoy Effect untuk produk Anda.

Pertama, Anda dapat menerapkan Decoy Effect dengan melakukan variasi harga dan ukuran yang sering dilakukan. Cara ini sering dilakukan oleh brand-brand besar seperti Starbuck dan lainnya, tapi sangat memungkinkan jika diterapkan oleh pelaku UKM.

Kedua, Anda dapat membuat paket harga dan fitur yang bertujuan untuk melakukan up selling ke harga tertinggi. Pendekatan ini biasanya diterapkan untuk produk yang sifatnya berlangganan, jika Anda menyediakan produk/jasa yang model bisnisnya berlangganan maka cocok dengan cara tersebut.

Ketiga, Anda dapat membuat opsi bundling atau paket harga sehingga konsumen akan merasa rugi jika tidak membeli paket tersebut karena akan menimbulkan kesan lebih murah. Cara ini sangat efektif jika diterapkan oleh UKM.

2. Tampilkan Bukti Sosial atau Social Proof

Gambar : Google

Ada satu hal yang perlu Anda ingat bahwa alasan konsumen membeli produk Anda karena mereka percaya dengan produk yang Anda jual. Lantas, trik psikologi marketing yang dapat Anda lakukan agar konsumen semakin percaya dengan produk Anda adalah dengan menunjukan bukti bahwa produk atau brand Anda terpercaya karena sudah banyak yang menggunakan.

Dengan menampilkan bukti bahwa produk Anda terpercaya maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi oleh konsumen dan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang tertarik mencoba produk Anda untuk pertama kali. 

Anda bisa menunjukan bukti sosial atau social proof dengan menampilkan review atau rekomendasi dari konsumen, lalu anda juga bisa menampilkan sertifikasi terhadap produk Anda, atau Anda juga bisa menampilkan rating serta Trusted Seller jika Anda memasarkan produk Anda melalui marketplace.

3. Goldilock Effect untuk Produk Makanan

Apa itu Goldilock Effect? secara sederhana menjadikan konsumen merasa menemukan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, bukan karena memilih produk termurah atau termahal.

Contohnya, jika Anda memesan sebuah Es Krim dan ada banyak varian rasa atau topping yang tersedia, seperti coklat, vanilla hingga blueberry. Akhirnya Anda memilih vanilla, karena Anda melihat topping vanilla sebagai menu terfavorit konsumen.

Di sinilah peran Goldilock Effect, konsumen Anda akan memilih sesuai dengan selera masing-masing dan akan muncul dorongan karena adanya tanda “Favorit”, “Produk Terlaris”, dan tanda lainnya yang semakin memantapkan pilihan konsumen ketika memilih produk Anda.

Gambar : Google

Demikian 3 cara yang bisa Anda terapkan untuk “menggoda” konsumen Anda dan meningkatkan penjualan produk Anda. Tentu saja masih ada banyak trik psikologi marketing yang bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian calon konsumen dan tentunya harus disesuaikan dengan karakter dari target market Anda.

Satu poin penting yang perlu Anda ingat ketika menerapkan trik psikologi marketing adalah Anda harus memahami apa yang menjadi daya tarik penawaran Anda bagi konsumen dan bagaimana konsumen merasa untung jika mengiyakan penawaran tersebut.

Penulis : Budi Pranoto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here