Korporatisasi UMKM & Brand Value

0
60
Indonesia Spicing The World
Indonesia Spicing The World

Bank Indonesia merumuskan Strategi Nasional Pengembangan UMKM yang berlandaskan tiga pilar utama yang meliputi (1) penguatan korporatisasi, (2) peningkatan kapasitas, dan (3) akses pembiayaan untuk mewujudkan UMKM yang berdaya saing untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif (Bank Indonesia, Laporan Perekonomian Indonesia 2020)

Penguatan korporatisasi mendorong integrasi rantai nilai bisnis, baik horizontal maupun vertikal. Model korporatisasi UMKM horizontal terdiri dari UMKM pada satu sektor usaha tertentu yang membentuk suatu kelembagaan untuk meningkatkan kapasitas produksi secara agregat dan dapat bekerjasama dengan lembaga penunjang bisnis.

Sedangkan model korporatisasi UMKM vertikal terdiri dari berbagai jenis usaha yang saling berkaitan dalam suatu rangkaian rantai nilai bisnis untuk menciptakan produk yang bernilai tambah.

Korporatisasi UMKM bertujuan untuk memperkuat Kelembagaan UMKM yang semakin makin formal dan modern, baik koperasi, perseroan terbatas, maupun bentuk kelembagaan lainnya. Korporatisasi UMKM diharapkan memberikan kentungan bagi UMKM, antara lain peningkatan akses pasar, pembiayaan, dan kapasitas SDM.

Selengkapnya, kunjungi Indonesia Spicing The World.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here