Ingin Bisnis Kuliner Laris Manis? Coba 8 Langkah Ini Dulu

0
265
Foto: (dok. Unsplash)

Jakarta – Pertanyaan dari pembaca: Saya sedang proses bekerja sama dengan teman berbisnis kuliner mengelola usaha kedai makan dan bisa untuk nongkrong di sebuah kecamatan yang cukup ramai tapi terkenal sulit usaha kuliner bisa berkembang.

Saya tertantang untuk memecahkan anggapan masyarakat tersebut. Adakah kiat-kiat khusus untuk usaha bisnis kuliner saya ini? Terima kasih.

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan saudara.

Anda memerlukan kiat sukses usaha kuliner agar kedai yang dikelola dapat berkembang dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan secara detail. Jangan sepelekan hal-hal kecil, sebab bisa berpengaruh pada usaha kuliner anda. Diperlukannya juga perencanaan yang tepat serta konsistensi dalam menjalankannya.

Berikut ini 8 kiat sukses bisnis kuliner yang perlu dilakukan. Ketika merintis usaha kuliner, pemilihan tempat yang strategis bukan hanya salah satu aspek yang perlu perhatian khusus. Agar usaha anda dapat berkembang, perhatikan pula detail-detail seperti menu masakan, konsep dan desain interior, hingga pelayanan yang diberikan. Selain itu, anda harus melakukan riset terlebih dahulu agar tepat sasaran.

1. Lakukan Riset

Penting bagi anda untuk melakukan riset mengenai usaha yang akan dirintis. Ini merupakan hal pertama yang harus anda lakukan. Lakukan penelitian mengapa banyak bisnis kuliner di tempat tersebut sulit untuk berkembang. Anda bisa dengan mengunjungi tempat tersebut dan usaha kuliner yang berada di sekitar lokasi.

Ketika telah melakukan riset, bukan tidak mungkin anda menemukan titik permasalahannya. Bila telah menemukan permasalahannya, anda bisa memperbaiki hal tersebut. Sehingga anda bisa melakukan penanganan yang tepat untuk kedai. Kiat sukses usaha kuliner ini, hal pertama yang penting untuk dilakukan.

2. Buat Perencanaan Usaha

Dengan melakukan perencanaan mengenai usaha yang tengah digeluti, dapat meminimalisir ketidakefisienan. Perencanaan yang matang akan membuat usaha anda lebih terarah. Dari segi keuangan atau modal misalnya. Bila anggaran terancang dengan sempurna, maka tidak akan ada pengeluaran yang dirasa sia-sia. Selain itu, buat pula rencana mengenai target usaha anda. Dengan begitu, akan lebih memotivasi anda untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

3. Menu Makanan dan Minuman

Poin yang paling penting adalah mengenai menu makanan dan minuman di kedai anda. Tentukan menu makanan yang mampu memanjakan lidah pengunjung. Cita rasa makanan merupakan hal yang paling penting. Pilih menu makanan yang dirasa sangat cocok untuk teman bersantai atau nongkrong bersama teman. Tidak perlu memberikan banyak variasi makanan, karena itu bisa membingungkan pengunjung. Jangan lupa untuk memperhatikan cara penyajian makanan, baik itu tampilan masakan maupun cara menyuguhkannya kepada pelanggan.

Pada kiat sukses usaha kuliner ini, jangan hanya terfokus dengan trend makanan atau minuman saat ini. Karena trend sekarang bisa terhapus atau tergantikan dengan trend-trend terbaru. Mungkin awalnya banyak orang akan berkunjung, namun ketika popularitas makanan tersebut terganti orang-orang akan berpindah haluan. Untuk itu, pilih menu makanan yang unik dan bisa mencerminkan kedai anda.

4. Konsep dan Desain Interior

Penampilan dan suasana tempat menjadi poin utama bagi para pengunjung untuk datang. Dekor kedai makanan yang menampilkan ciri khas, menarik, dan autentik. Tidak perlu menggunakan perlengkapan yang mahal, anda bisa sesuaikan dengan keuangan. Tambahkan dekorasi yang kekinian dengan nuansa instagramable yang sangat kental. Karena di era digital seperti saat ini, anak muda cenderung memilih kedai yang bisa memberikan mereka tampilan menarik atau instagramable.

5. Promosi yang Tepat Sasaran

Pesatnya kemajuan teknologi seperti saat ini, bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan kedai. Anda bisa gunakan berbagai sosial media untuk mempromosikan makanan dan kedai. Hal ini sangat efektif dibandingkan dengan promosi melalui selebaran atau brosur. Anda bisa menggunakan jasa food influencers untuk mendongkrak popularitas kedai. Bila mempunyai budget yang lebih, anda bisa menyiapkan konsep yang menarik agar tepat sasaran.

Anda juga bisa melakukan promosi seperti dengan memberikan potongan harga. Selain itu, beri layanan pesan antar yang bisa memudahkan calon konsumen. Ini bisa menjadi taktik kiat sukses usaha kuliner yang tepat untuk menggaet lebih banyak pembeli.

6. Berikan pelayanan yang Memuaskan

Meski terlihat sepele, pelayanan yang maksimal mampu memberikan nilai lebih untuk kedai anda. Berikan pelayanan yang ramah dan prima agar para pengunjung nyaman serta tidak kapok untuk makan di kedai anda. Tidak perlu menggunakan banyak pelayanan bila budget anda tidak mencukupi. Pastikan anda juga memberi perlakuan yang baik kepada karyawan anda agar mereka lebih nyaman sehingga mampu mengoptimalkan kinerjanya.

7. Gunakan Sosial Media, Marketplace, Layanan Delivery Online

Aktiflah di sosial media untuk membantu mempromosikan kedai makan anda seperti di Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya.Bergabung dengan marketplace terkait kuliner dan layanan delivery makanan online sehingga memperluas jalur pemasaran anda. Pastikan tersedia menu yang dapat di delivery atau layanan antar.

8. Perhatikan Protokol Kesehatan

Saat ini sedang pandemi karena penyebaran virus COVID-19, maka perhatikan dan tertib menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus di kedai makan, seperti menggunakan masker bagi para karyawan dan pengunjung, menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, mengecek suhu badan para pengunjung dan karyawan, menjaga jarak antrian (hindari terjadinya kerumunan), pembatasan meja dan kursi pengunjung serta ikuti peraturan pemerintah setempat jika diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Itulah beberapa kiat sukses usaha kuliner yang bisa saya berikan untuk anda. Hal terpenting dalam membangun usaha adalah kesabaran dan pantang menyerah. Karena untuk mencapai sebuah kesuksesan tidak bisa dilakukan secara instan. Semoga penjelasan di atas mampu menjawab pertanyaan anda. Mampu juga membantu untuk memecahkan anggapan masyarakat mengenai perkembangan bisnis kuliner di tempat Anda.

Sumber : Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here