KEINGINAN TANPA BATAS, KEMAMPUAN TERBATAS

0
93

Dalam Ilmu Ekonomi berlaku kaidah “Keinginan Manusia engga terbatas, tapi keinginan tersebut dibatasi Pendapatan dan Harga”.

Kaidah ini menjadi point penting bagi pelaku UMKM karena perubahan pendapatan atau perubahan harga menyebabkan konsumen akan mengurangi jumlah konsumsi terhadap produk kita atau beralih ke produk lain yang lebih terjangkau.

Oleh sebab itu, Philip Kotler dalam “Principles of Marketing” menguraikan tentang “Customer Needs, Wants, and Demands”, karena pada akhirnya keputusan untuk membeli sangat bergantung kemampuan untuk membeli.

Pemahaman kita tentang “Demand (preferensi dan kemampuan membeli)” dari prospek produk yang kita kembangkan menjadi modal penting untuk merencanakan Produk Brand.

Hal yang perlu kita rencanakan sejak awal “produk subtitusi” sebagai alternatif seandainya terjadi perubahan pendapatan ataupun perubahan harga (akibat perubahan makro environment).

Bagi pelaku UMKM yang berminat masuk ke pasar “Bakso Homemade”, ada baiknya untuk merencanakan pilihan alterhatif Produk Brand untuk kelas 29 (olahan daging) dan kelas 30 (olahan tepung), karena meski sama-sama bakso secara regulasi memiliki perbedaan yang besar antara bakso olahan daging dan bakso olahan tepung.

“𝑇ℎ𝑖𝑛𝑘 𝑎𝑏𝑜𝑢𝑡 𝐴𝑙𝑡𝑒𝑟𝑛𝑎𝑡𝑖𝑣𝑒𝑠 𝑒𝑣𝑒𝑛 𝑏𝑒𝑓𝑜𝑟𝑒 𝑡ℎ𝑒 𝐿𝑎𝑢𝑛𝑐ℎ” (Howard Love, 2016)

 

Penulis : Jf Sebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here