3 Tips Content Marketing Ala UKM

0
80
3 Tips Content Marketing Ala UKM

“Content marketing dapat meningkatkan conversion rate anda sebanyak 6 kali lipat.”

Sebuah studi yang dilakukan oleh Aberdeen Group, rata-rata conversion rate sebuah website yang menerapkan content marketing adalah 2,9%, sedangkan website yang tidak menerapkan content marketing rata-rata conversion rate-nya sebesar 0,5%.

Di era digital, content marketing sudah menjadi salah satu alternatif terbaik bagi para pelaku usaha, baik dengan skala yang sudah besar maupun untuk pelaku UKM.

Content marketing merupakan taktik yang digunakan untuk menarik audiens sekaligus mempromosikan produk atau layanan yang dimiliki. Jika biasanya audiens dihadapkan langsung dengan cara promosi yang ‘blak-blakansaat mereka mengunjungi media sosial hingga website brand tertentu.

Maka dengan content marketing, audiens tidak dipaksa mengonsumsi informasi yang hardsell. Ketika audiens sedang mencari sesuatu, melalui content marketing inilah audiens dapat bergabung dalam percakapan atau pesan yang sedang disampaikan.

Lantas, apa itu content marketing?

Dilansir dari Forbes, secara ringkas content marketing merupakan sebuah teknik marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan, dan juga konsisten yang bertujuan menarik perhatian para audiens yang kita jadikan target.

Nah, jika anda pelaku UKM dan mulai tertarik menggunakan content marketing sebagai salah satu cara anda menarik audiens. Berikut 3 tips yang bisa menjadi pertimbangan anda dalam membuat content marketing :

Konten yang Bercerita

Setiap orang suka dengan cerita. Maksimalkan content marketing anda untuk membangun sebuah pesan yang bercerita, jangan hanya fokus pada fitur produk atau keunggulan produk anda dibanding kompetitor.

Cerita yang anda bangun, usahakan menjadikan audiens anda sebagai HERO ketika mereka menggunakan produk anda. Ceritakan bagaimana hebatnya konsumen, ketika mereka menggunakan produk anda. Poin pentingnya adalah konsumen “MENJADI SIAPA” bukan sekadar “MENDAPAT APA”.

Diversifikasi Konten

Gunakan berbagai platform untuk menyampaikan pesan yang kurang lebih sama, selain fokus dengan sosial media, anda juga bisa mulai menggunakan blog atau website sederhana serta membuat infografis untuk menyampaikan value dari brand anda.

3 Tips Content Marketing Ala UKM
Gambar : Freepik

Bisa juga menggunakan podcast sebagai alternatif, mengingat trend podcast yang sedang naik dan banyak audiens yang tertarik. Bahkan jika secara SDM anda memungkinkan, video menjadi pilihan yang sangat menarik.

Konsistensi dan Frekuensi

Tentukan jadwal posting yang rutin untuk masing-masing platform, anda pelan-pelan dapat mempelajari kapan dan bagaimana setiap konten akan diunggah agar sesuai dengan karakteristik audiens yang anda tuju. Yang terpenting anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan anda dalam mengolah masing-masing konten, konsistensi dan frekuensi.

Selain itu, jika konten dalam bentuk visual dan fokus awal ada di media sosial. Usahakan foto produk dengan angle yang menarik dan anda bisa ‘menarik audiens’ dengan cara mem-follow mereka yang tertarik dengan pesan, cerita atau value yang anda sampaikan dan selalu gunakan hashtag yang relevan.

Jadi, apakah sudah ada ide content marketing seperti apa yang akan anda buat?

 

Penulis : Budi Pranoto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here