SELALU ADA YANG BERSEDIA MEMBAYAR LEBIH MAHAL

0
60
𝗦𝗘𝗟𝗔𝗟𝗨 𝗔𝗗𝗔 𝗬𝗔𝗡𝗚 𝗕𝗘𝗥𝗦𝗘𝗗𝗜𝗔 𝗠𝗘𝗠𝗕𝗔𝗬𝗔𝗥 𝗟𝗘𝗕𝗜𝗛 𝗠𝗔𝗛𝗔𝗟

“Konsumen bersedia membayar dengan harga lebih tinggi asalkan ada alasannya”.

Prinsip ini dalam Ilmu Ekonomi disebut “Pricing Discrimination”.

Prinsip ini yang kerap diterapkan oleh perusahaan yang monopoli dalam menetapkan “Target Pricing”, yaitu menetapkan harga yang lebih tinggi kepada pelanggan yang bersedia membayar dengan harga tersebut.

Dalam literatur Ilmu ekonomi, penetapan harga tiket pesawat kerap menjadi contoh penerapan “Target Pricing”. Dalam bisnis penerbangan, kita kerap mendengar kelas bisnis dan kelas ekonomi, yang dari sisi tarif berbeda jauh harga tiketnya.

Padahal dari sisi utility (manfaat), kebutuhan kita menggunakan jasa angkutan udara, hanya untuk mengantarkan kita berpindah dari satu kota ke kota lain.

Namun, kelas Bisnis menawarkan “keistimewaan” bagi pelanggan, mulai lounge (ruang tunggu khusus) hingga tempat duduk yang lebih lebar dan nyaman. Untuk setiap kelebihan ini, pelanggan bersedia membayar lebih tinggi.

Bagi pelaku UMKM yang berkeinginan menggunakan Strategi “Target Pricing”, langkah pertama yang dilakukan menentukan “Add Value” yang memberikan Produk yang Berbeda sehingga Konsumen memiliki alasan untuk bersedia membayar lebih mahal.

Inilah kelebihan dari “Bisa Bikin Brand”, dari tahap pertama kita diajak untuk mengeksplorasi produk kita untuk menemukan “Add Value” sehingga akhirnya tercipta “Produk yang memberikan Pengalaman Berkesan bagi Pembeli, sehingga Beli Lagi dan Beli Lagi”.

Penulis : Jf Sebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here