AKU YANG MAU, KAMU YANG PUTUSKAN

0
25

Satu kesempatan keponakan bertanya “Aku lagi buat Muffin yang ‘Free Gluten’, produk ini baiknya menyasar anaknya atau ibunya ?”

Pertanyaan ini rada sulit dijawab, kalau kita mikirnya pakai sudut pandang “Target Market” ataupun “Buyer Persona”, karena kedua pendekatan ini, asumsi yang digunakan “Yang Mau, Yang Putuskan dan Yang Bayar” dilakukan oleh orang yang sama, “Yang Beli”.

Kalau yang Makan Anaknya, dan yang Mutuskan dan Membeli Ibunya, pendekatan yang relevan digunakan “Buyer Role & Influencing Sphere” yang disampaikan Pak Bi dikelas “Bisa Bikin Brand” .

Cara ini mengajak kita untuk melihat “Bagaimana proses perjalanan sebuah keputusan membeli sebuah produk”, mulai dari siapa yang mau, siapa yang memutuskan, siapa yang bayar dan siapa yang mengkonsumsi.

Bagi pelaku UMKM yang sudah utak-atik “Target Market”, tapi belum juga ketemu dengan Pembeli yang Beli Lagi, Beli Lagi, Ini saatnya untuk beralih ke “Target Audience”.

Pemahaman tentang “Target Audience” penting bagi UMKM yang bisa Monopoli, karena pilihan pendekatan bukannya memperkecil segment dengan “Target Market”, tapi memperluas jangkauan dengan “Target Audience”.

Caranya ada di Workshop “Bisa Bikin Brand”.

Penulis : Jf Sebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here