DULUAN MANA, PRODUK ATAU PELANGGAN?

0
87
Branding Canvas
Branding Canvas

Sekitar bulan Juli 2020, Pak Bi posting “New Brand Canvas” yang memperjelas 15 langkah “Bisa Bikin Brand”, menjadi tiga bagian Purpose; Passion dan Prestasi.

Perubahan ini membuat “Bisa Bikin Brand” tidak hanya bisa digunakan untuk UMKM, tapi bagi yang berminat mengembangkan Startup.

Bagian Purpose yang terdiri dari empat Langkah : Product Insight; Product Category and Competitor; Target Market, Target Audience Segmentation dan Buyer Persona Advocate.

Langkah ini sejalan dengan konsep Steve Blank (2007) memperkenalkan empat langkah mudah yang disebut dengan Customer Development (Customer Discovery, Customer Validation, Customer creation, and Company Building).

Customer Validation is a key checkpoint in understanding whether you have a product customers want to buy and a road map of how to sell it.

Dan Olson menyebut dalam mengembangkan produk penting untuk membuat “Product Market Fit” . Product Market Fit Is That You Have Built A Product That Creates Significant Customer Value” (Dan Olson, 2015) .

Hal ini memperlihatkan bahwa pada era kekinian perdebatan mana duluan produk atau pelanggan menjadi tidak relevan, karena pengembangan produk dan pelanggan dilakukan secara bersamaan dengan melakukan ‘iterasi’ ujicoba sampai menemukan “Product Market Fit” .

Sebelum masuk ke pengembangan produk dan “Iterate” Produk, satu hal yang harus kita memiliki “PRODUCT INSIGHT” yang merupakan Langkah pertama dari Bisa Bikin Brand.

Bagi yang berminat belajar mengembangkan “Product Insight”, yuk bergabung dalam kelas Workshop Magnet Branding.

 

Jf Sebayang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here