Membuat Ekstra Hot Prospek Dengan Branding

0
79

HarianBernas.com – “Produk memberi manfaat fisik, BRAND memberi Manfaat Emosional” by Subiakto Soedarsono. Saat mengikuti kelas workshop “Bisa Bikin Branding” Sang Praktisi Branding tersohor, Subiakto Soedarsono beberapa waktu yang lalu di Jakarta, saya mendapatkan pemahaman yang lebih terang tentang “Branding”.

Sang praktisi branding yang menciptakan banyak slogan iklan populer di televisi itu memberikan insight yang jelas mengenai tiga hal utama yang harus dipahami oleh para pebisnis, yaitu Marketing, Selling dan Branding.

Marketing menciptakan Demand, tujuannya membuat Cold Prospek menjadi Warm Prospek, sedangkan Selling menciptakan pembeli, yaitu membuat warm prospek menjadi hot prospek melalui closing. Namun, yang paling penting dari semuanya adalah Branding, karena branding menciptakan pelanggan setia, menjadikan hot prospek selalu HOT, bahkan Extra HOT melalui Brand Loyalty.

Terciptanya Brand loyalty ini yang banyak menjadi impian para pemilik brand, karena akan membuat pelanggan datang dan datang lagi…beli dan beli lagi…, meskipun competitor semakin banyak dan semakin bertumbuh. Hanya tentunya masih harus terus melakukan strategi branding yang cerdas dan kreatif untuk bisa mempertahankannya menjadi tetap Hot..Hot…Hot.

Marketing dan Selling menciptakan tangible asset, sedangkan Branding menciptakan intangible asset yang luar biasa. Contoh nyata adalah seperti yang terjadi pada PT Sari Husada yang pada tahun 2004 nilai asetnya adalah 4 T, dimana 1 T adalah Tangible asset, dan sisanya 3 T adalah intangible asset berupa merek- merek susu yang sudah punya nama.

Hebatnya pada tahun 2006 atau dua tahun kemudian Sari Husada dijual ke Danone dengan nilai 22 T, 2 T untuk tangible asset dan 20 T untuk intangible asset berupa beberapa brand aktif produk susunya. Wow… benar benar luar biasa..

Apa sih yang dimaksud dengan Brand? Brand itu bukan Logo, bukan packaging, bukan merek, bukan tagline, bukan iklan, itu semua adalah Brand Identity. Brand adalah ikatan emosi antara produk anda dengan konsumen atau pelanggan, dimana yang harus sangat diberi perhatian adalah bagaimana kemampuan anda dalam menciptakan values yang konstektual pada produk anda.

Brand adalah Nama plus Makna , dan makna harus terus dibangun dengan memberikan manfaat yang sebanyak-banyaknya kepada komunitas anda. Itu juga yang dilakukan oleh Harian Bernas dengan Brand nya yang sudah mendapat tempat di hati para pembaca dan pelanggannya.

Kebangkitan kembali Harian Bernas merupakan upaya menambah bobot pemaknaan dan lebih mendekatkan media yang tahun ini berusia 70 Tahun, kepada bangsa, negara, masyarakat, dan komunitas. Dengan memberikan lebih banyak manfaat dan benefit nyata dan langsung dapat dirasakan.

Komitmen jajaran manajemen baru terhadap repositioning Harian Bernas sebagai media Inspirasi Bisnis dan Pribadi Bertumbuh, sangat terasa pada perubahan kualitas produk dan layanan pelanggan serta sebaran koran. Namun, yang paling utama adalah Harian Bernas berhasil menambah values yang cerdas dengan menambahkan empat divisi baru, yaitu Bernas Online, Bernas Event, Bernas Publishing dan Bernas Advertising, yang semuanya bertujuan untuk memberikan manfaat yang lebih besar kepada para customer dan pelanggannya.

Sekali lagi, kunci utama branding adalah ikatan emosional produk dengan para customernya. Maka pastikan hati dan perasaan cinta kita melekat dan mengisi roh produk kita, karena cinta membuat brand kita menjadi lebih bermakna dan bersinar.

Mari ciptakan experience yang menyenangkan kepada para customer kita, karena itu merupakan aspek yang paling penting dalam mencapai keberhasilan perusahaan membangun Brand. Jika kita berhasil, secara otomatis pasti akan berdampak positif terhadap penjualan dan meningkatkan revenues dan pastinya nilai asset intangible kita.

Kekuatan Brand seperti kekuatan Cinta….Ketika memikirkan suatu produk…yang muncul di benak Customer adalah Brand kita keren bukan ?

F. Sisca Diwati

Ketua Umum AMA Indonesia DIY

Pemimpin Umum Harian Bernas

Sumber: Harianbernas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here