ArtikelFeatured

Romlah, Roemah Oleh-Oleh Betawi: Mengenalkan Betawi lewat Jajanan

Saat kita berkunjung ke satu daerah atau kota, pasti kita akan mencari oleh-oleh khas dari daerah atau kota tersebut. Membawa buah tangan sebagai oleh-oleh untuk keluarga, kerabat atau teman memang selalu menyenangkan—menyenangkan bagi yang memberi, juga menyenangkan bagi yang menerima.

Tapi, kadang tidak mudah mencari oleh-oleh dari satu daerah atau kota. Apalagi jika kota tersebut adalah kota besar yang menjadi melting pot dari berbagai budaya dan penduduk yang kebanyakan adalah pendatang.

Seperti kota Bandung. Oleh-oleh dari Bandung bukan main banyak ragamnya. Tapi mencari oleh-oleh asli khas Bandung, hmmm… akan menjadi PR tersendiri. Bayangkan klappertaart, atau brownies, aneka roti, seblak, tahu isi, dll… tidak ada yang tahu bagaimana makanan-makanan tersebut bisa menjadi oleh-oleh dari Bandung.

Kuliner memang memiliki daya tarik tersendiri, dan daya tarik tersebut tidak akan pernah habis. Ini juga yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan ke satu daerah atau kota. Seperti yang dilakukan Pak Bi dalam memperkenalkan Sate Maranggi untuk Purwakarta. Menggunakan konsep Komunal Brand, Sate Maranggi berhasil menjadi lokomotif kuliner utama bagi Purwakarta.

Nah apa yang terjadi dengan kota-kota lain? Kita ambil contoh Jakarta. Tidak jauh berbeda dengan Bandung, Jakarta adalah kota metropolitan yang menjadi melting pot dari berbagai budaya. Namun, Jakarta tetap memiliki budaya Betawi yang saat ini masih bisa ditemui. Beberapa wilayah di Jakarta yang masih memiliki perkampungan Betawi antara lain Kemayoran, Condet, dan tak lupa Kampung Budaya Betawi Setu Babakan.

Tari Topeng Betawi. (Sumber: inspiratorfreak.com)

Tari Topeng Betawi. (Sumber: inspiratorfreak.com)

Mencari oleh-oleh di Jakarta, terutama yang khas Betawi, saat ini bisa dilakukan via online untuk menghindari kemacetan atau waktu yang tidak banyak. Sungguh solusi yang sangat membantu, terutama bagi teman-teman di Jakarta yang ingin mencari buah tangan saat berkunjung ke luar kota atau saat wisatawan ingin mencari oleh-oleh dari Jakarta.

10854394_947130698630274_8147890527098623801_o

“Kenalin… aye Romlah!”

Yuk kenalan dengan Mpok Romlah! Ia adalah perempuan Betawi asli yang meskipun update banget dengan perkembangan terkini, Mpok Romlah masih setia dengan akar budayanya. Lihat saja baju khas Betawi yang ia kenakan!

Mpok Romlah hobi sharing makanan khas Betawi tempo doeloe favoritnya melalui media sosial. Pernah dengar nggak yang namanya Biji Ketapang, Kacang Condet atau Akar Kelapa? Nah, jajanan ini bisa kamu dapatkan di Romlah, Roemah Oleh-oleh Betawi! Kamu nggak harus jauh-jauh ke Romlah ataupun rumahnya Mpok Romlah, karena kamu bisa pesan secara online.

Beragam snack ala Betawi dari Mpok Romlah

Beragam snack ala Betawi dari Mpok Romlah

Romlah sangat berpotensi menjadi komunal brand untuk budaya Betawi. Karakter Mpok Romlah sendiri mewakili citra perempuan Betawi yang periang dan gemar bergaul, bahkan hanya dari pemilihan kostumnya saja. Kemasan produk Romlah yang simpel namun terlihat berkelas, bisa menjadi kebanggaan bagi yang memberi maupun yang menerima oleh-oleh khas Betawi tersebut.

Mpok Romlah menunggu kunjungan kamu ke:

Website: http://romlah.com/

Facebook: https://www.facebook.com/romlahjakarte

Telp:+62.21-7814342

SMS: +62.8111814342

Previous post

Ini Dia, Tiga Takjil Legendaris Yogyakarta

Next post

Bisnis Dari Masjid Ke Masjid, Kini Jadi Pengusaha Nasional

Admin

Admin

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *