Aren Diklaim Lebih Menguntungkan dari Kelapa Sawit

0
23
Ilustrasi Tanaman Aren (Foto: Antara)

Medan – Pemilik kebun kelapa sawit memang kerap kali diidentikkan dengan ‘Tuan Takur’, karena kelapa sawit dikategorikan sebagai tanaman mahal. Harga minyak hasil panennya sendiri bergantung dari harga CPO dunia.

Lain halnya dengan si tanaman kotoran musang, aren. Jika Anda butuh puluhan hektare untuk mendapatkan hasil dari investasi kelapa sawit, maka untuk investasi tanaman aren, Anda hanya butuh lahan kurang dari satu hektare.

“Tanaman aren bisa lebih menguntungkan dibanding kelapa sawit,” ujar Netti Herlina Siregar, akademisi dari Universitas Sumatera Utara.

Ia menambahkan, meski masa panennya cukup lama, tanaman aren bisa berpotensi menghasilkan uang puluhan ribu per harinya hanya dari satu pohonnya saja. Nah, bayangkan jika Anda memiliki dua puluh atau bahkan seratus pohon aren.

“Kita membantu usaha-usaha tani yang ada di daerah dengan upaya meningkatkan pendapatan masyarakat daerah,” tambah Syafiruddin, akademisi dari Universitas Graha Nusantara, Padang Sidempuan.

Kedua akademisi yang berprofesi sebagai dosen di masing-masing perguruan tinggi tempatnya mengabdi tersebut, sudah mulai memperkenalkan proyek perkebunan usaha aren di Tapanuli Selatan bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Keduanya antusias menjelaskan alur pembuatan gula semut yang hanya berasal dari air nira hasil panen pohon aren ketika berbicara kepada Analisadaily.com di UKM Gula Aren kawasan Tomang Elok, Selasa (29/3).

“Proyek ini sudah berjalan tiga tahun di Tapanuli Selatan. Aren sendiri tidak butuh perawatan yang intensif. Mudah-mudahan tiga tahun lagi sudah bisa panen dan masyarakat pun ikut merasakan manfaatnya,” tutup Netti.

Sumber: Analisadaily.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here