Kopi dan Perabot Rumah Tangga Jatim Tembus Singapura

0
131

Surabaya: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan memasarkan produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) ke pasar global di Singapura pada 1 April 2016. Salah satu produk utama yang akan dipromosikannya untuk menarik pembeli asal luar negeri adalah peralatan rumah tangga dan kopi.

“Yang akan kami tampilkan diantaranya kopi, peralatan rumah tangga, kerupuk dan lainnya,” ujar Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Hadi Prasetyo. ketika dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (17/3/2016).

Hadi mengatakan, kopi yang akan dipasarkan di Jatim Mart Singapura adalah kopi merk Kapal Api dari PT Santos Jaya Abadi milik Soedomo Mergonoto, dan peralatan rumah tangga dari PT Maspion milik Alim Markus, serta PT Sekar Laut yang memproduksi kerupuk merk Finna.

“Saya sudah koordinasi dengan beliau-beliau, dan mereka sangat setuju,” katanya.

Jatim Mart, kata dia, merupakan tempat untuk memasarkan produk usaha asal Jawa Timur sebagai salah satu wujud agar mampu bersaing di pasar internasional. Konsep Jatim Mart nantinya tidak hanya menjual produk asal Indonesia secara kuantitas sebagaimana pasar swalayan pada umumnya, melainkan menampilkan contoh produk berkualitas.

“Pembeli yang ke sana bukan pembeli biasa, tapi tengkulak yang memesan dalam jumlah besar bukan eceran seperti di pasaran. Maka itu, ketika ada pesanan dari konsumen, berapapun yang diminta, Jatim siap menerima,” jelasnya.

Jatim Mart sendiri akan dihadiri langsung oleh Gubernur Jatim Soekarwo. Jatim Mart akan berlokasi di lantai tujuh Big Box Building, Jurong Singapore, 200 dari total 2.000 meter persegi yang tersedia. Jatim Mart merupakan kerja sama Pemprov Jatim dengan South East Asia Business Centre (SBC), yaitu sebuah perusahaan Singapura yang memberikan jasa layanan terpadu kepada UKM di seluruh negara ASEAN.

Chief Marketing Officer SBC Rudy Fang mengaku tertarik dengan program ini karena Jatim dinilai memiliki potensi dan hasil produksi luar biasa yang bisa diterima di pasar internasional, seperti kuliner, perhiasan dan lainnya.

“Banyak hasil usaha dari Jatim yang sangat menarik, seperti kulinernya, terutama makanan laut, kemudian perhiasan dan lainnya. Tinggal bagaimana mengembangkan kualitas dan kuantitas, terutama usaha kecil,” tegasnya.

Sumber: Metrotvnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here