5 Solusi Mencari Modal Usaha yang Bisa Dipilih

1
71

Modal usaha merupakan sejumlah anggaran yang didapatkan dari perbankan atau perusahaan jasa keuangan yang diberikan dalam bentuk pinjaman untuk digunakan sebagai modal usaha.

Modal usaha yang digunakan sumbernya tidak selalu didapatkan dari bank atau perusahaan pembiayaan atau leasing. Modal usaha bisa didapatkan dari koperasi maupun pinjaman dari orang terdekat seperti teman atau saudara dengan kesepakatan bersama dalam pengembaliannya.

Walaupun jumlah pinjaman yang digunakan untuk modal usaha belum tentu sebesar jumlah yang bisa didapatkan melalui bank. Namun, untuk bunga pinjaman jauh lebih rendah bahkan cenderung tidak ada bunga.

Secara umum baik bank maupun perorangan akan memberikan kepercayaan dengan memberikan pinjaman untuk modal usaha, karena jumlah pengusaha di Indonesia saat ini jumlahnya tidak sebesar angkatan kerja yang terus tumbuh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pengusaha yang ada. Apabila jumlah pengusaha di Indonesia mampu diperbanyak, maka jumlah pengangguran pun akan menyusut serta tingkat kejahatan pun dapat dikurangi jumlahnya.

Oleh karena itu, dapat dipastikan pemerintah harus mendukung program UKM atau usaha kecil menengah agar hal tersebut dapat terwujud. Selain dukungan dari pemerintah untuk menggerakkan Usaha kecil, kemauan untuk berusaha dari masyarakat pun harus besar.

Berikut beberapa cara dalam mendapatkan pembiayaan untuk modal usaha, antara lain:

Dapatkan Investor Perorangan atau Kelompok
Investor perorangan merupakan seseorang yang memiliki dana berlebih, namun ia tidak tahu mau dikembangkan ke mana, jadi cenderung ditabung saja di bank sambil tetap bekerja sebagai karyawan. Orang tersebut bisa sebagai teman atau saudara terdekat yag dapat membantu.

Tidak jauh berbeda dengan kelompok investor, yang membedakan hanya jumlah investornya lebih dari satu orang. Sebagai contoh mengumpulkan beberapa teman untuk diajak berinvestasi di tempat usaha yang sedang dijalankan. Pastikan skema investasi yang menguntungkan kedua belah pihak, sehingga keduanya paham akan biaya yang harus dikeluarkan, benefit serta risiko yang mungkin akan timbul.

Mendapat Pinjaman dari Bank
Pinjaman bisa didapatkan dari bank dengan tiga cara, pertama mengajukan pinjaman khusus untuk kredit usaha rakyat seperti di bank pemerintah, kedua yaitu Pinjaman tanpa agunan atau KTA, terakhir pinjaman dengan agunan.

Ketiga cara tersebut memiliki lama proses yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan yang dibutuhkan apakah harus segera cair uangnya atau tidak. Dikarenakan mengajukan kredit usaha rakyat syarat utama usaha harus sudah berjalan lebih dari satu tahun. Sedangkan pinjaman tanpa agunan harus memiliki penghasilan tetap, dan pinjaman dengan agunan harus memiliki barang atau sesuatu yang dijadikan jaminan. Selain itu bunga pinjaman untuk kredit usaha rakyat jauh lebih murah dibandingkan pinjaman lainnya.

Pinjaman dari Non Bank atau Lembaga Keuangan Micro seperti BPR
Jenis pinjaman ini umumnya digunakan oleh para pengusaha yang membutuhkan dana lebih cepat prosesnya tanpa menunggu lama, misalnya satu hari cair. Namun pinjaman jenis ini harus membutuhkan jaminan agar dapat segera diproses dan pinjaman jenis ini cenderung lebih kecil jumlah yang bisa didapatkan, yang tentunya berbeda dengan KTA yang dapat mengajukan pinjaman hingga miliaran.

Kartu Kredit
Cara ini merupakan sebuah alternatif dalam mendapatkan pinjaman, yaitu menggunakan kartu kredit yang dimiliki. Tentunya dengan cara tarik tunai melalui ATM dana segar bisa langsung didapatkan tanpa proses atau ketentuan apapun. Adapula dengan cara lain yaitu menghubungi bank penerbit kartu kredit agar dapat mengambil program pencairan dana tunai melalui kartu kredit tanpa menggesek di ATM.

Selain itu, juga pengusaha dapat menggunakan untuk pembelanjaan barang yang akan dijualnya dalam jumlah besar, kemudian dicicil pembayarannya secara bertahap.

Kerjasama dalam Bisnis
Dalam cara ini pengusaha harus mengadakan kerjasama dengan distributor besar yang akan mendukung penjualan dengan sistem bagi hasil. Misalnya dalam membuka usaha toko obat, minta distributor menyuplai produk dengan harga grosir sehingga bisa mendapatkan selisihnya sebagai keuntungan.

Jalani Usaha Anda dengan Sungguh-Sungguh
Dengan memahami beberapa tahap tersebut dalam mendapatkan modal usaha, masyarakat dapat menentukan sikap akan mencoba untuk mendapatkan modal melalui pilihan cara seperti apa yang akan diambil. Nah, silahkan memilih bagaimana cara mendapatkan dana modal. Ingat, apapun cara yang didapatkan, jalani usaha Anda dengan sungguh-sungguh. Karena pada dasarnya, modal adalah sesuatu yang mesti dibayar, apalagi kalau asalnya dari meminjam.

Sumber: Republika.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here