“UKM Frozen Food yang Nggak Dateng, Bakal Rugi Banget Deh!”

0
5
Bu Yuyun Anwar (tengah, sebelah kanan Pak Bi) di kelas Training Bisnis Aneka Sambal Daerah, 24 April 2015.

Bu Yuyun Anwar, pakar teknologi pangan yang selalu siap membantu UKM di seluruh Indonesia. Beliau tak kenal lelah keliling Indonesia mengajarkan pembuatan dan penanganan aneka makanan untuk UKM yang murah tanpa mengurangi kualitasnya. Hari Sabtu, 19 Maret 2016, Rumah UKM dan Komunitas Frozeners bekerjasama mengadakan Workshop Branding khusus UKM frozen food.

Berikut testimoni Bu Yuyun Anwar, dikutip dari laman Facebook beliau:

Pada 24 April 2015 lalu, untuk pertama kalinya urusan sambal tradisional yang dikelola UKM diberi ilmu secara khusus oleh jawara branding Pak Subiakto Priosoedarsono. Saya sangat surprised karena Pak Bi kok mau-maunya menyempatkan diri bagi-bagi ilmu. Saya jadi malu suka bikin repot dan bikin kisruh jadwalnya Pak Bi. Alhamdulilah, pengusaha sambal tradisional banyak bermunculan, bahkan sudah ada yang ekspor lho. Semoga ilmunya Pak Bi bermanfaat dan barokah.

Bulan Maret ini, saya nodong lagi beliau untuk meng-upgrade bisnis UKM frozen food dari Komunitas Frozenfood Indonesia. Mengapa saya kok sampai sebegitu nekat dan beraninya, karena teman-teman UKM frozen food mengalami banyak tantangan dan rintangan dalam bisnisnya. Mulai dari persaingan yang begitu ketat di MEA–nggak usah jauh-jauh, negara tetangga saja sudah punya mesin canggih yang efisien–sampai aturan izin edar yang memberatkan. Sementara di depan mata omzet yang luar biasa karena olahan makanan di era serba instan ini jadi kebutuhan utama. Sadar bahwa kompetisinya bukan hanya sesama UKM tapi juga perusahaan multinational, bersama Zulham Ariansyah (Managing Director Sentulfresh Indonesia) dan teman teman Komunitas Frozenfood Indonesia, mencoba berbenah untuk tetap bisa mempertahankan usahanya. Kecil tidak masalah, asal napasnya panjang.

IMG_0832

Sudah saatnya UKM harus cerdas, bukan hanya sekedar bersaing banting-bantingan harga lalu saling membunuh sesama UKM. Ngeri deh kalau UKM sampai harus bersaing seperti itu. Hal ini bisa terjadi karena masih banyak pelaku UKM yang belum memahami branding secara tepat, tidak heran kalau jadi saling sikut sesamanya.

Alhamdulilah saya bisa mendapatkan jadwalnya Pak Bi, jadi UKM frozen food yang nggak datang, bakal rugi banget deh. Matur suwun Pak Bi, tidak sabar menunggu kelas di Sentul pada bulan Maret ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here