Pemkab Tangerang Daftarkan 20 Merek Produk UMKM

0
70

Tangerang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mendaftarkan sebanyak 20 merek produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) setempat ke Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Kemenkum HAM agar memiliki daya saing di pasar regional dan global.

“Kami terus mendorong agar produk UMKM lokal cepat berkembang dan maju,” kata Kepala Bidang Kemitraan dan Promosi Dinas Koperasi dan UMKM Pemkab Tangerang, Edy Murpik di Tangerang, Rabu (10/2).

Edy mengatakan tujuan agar didaftarkan ke HAKI tersebut agar mudah memasarkan karena selama ini yang menjadi kendala bahwa terpaku dengan merek yang ada. Menurut dia, bila sudah memiliki merek tersendiri, maka pelaku UMKM lokal tidak kesulitan memasarkan karena banyak contoh produk serupa yang laku.

Pihaknya melakukan pembinaan terhadap aneka produk UMKM seperti sepatu, alat perlengkapan olahraga, kerajinan bambu, kerajinan rotan, mainan anak-anak. Namun belakangan ini para pelaku UMKM tersebut mengalami kesulitan dalam pemasaran maka perlu ada upaya terobosan. Sedangkan salah satu solusi agar produk UMKM lokal lebih berkembang diantaranya meningkatkan kualitas dan memiliki merek tertentu.

Banyak produk UMKM di Bandung, Jawa Barat, misalnya tentang sepatu dan aneka kerajinan lainnya dengan mudah diingat konsumen karena memiliki merek tertentu.”Hal utama bagi pelaku UMKM adalah masalah kwalitas terbaik meski produk tersebut tidak mengunakan mesin,” ujar dia.

Dia menambahkan bila sudah didaftarkan ke Dirjen HAKI, maka pelaku UMKM lokal memiliki kompetitif dengan produk sejenis dari daerah lain dan dapat masuk persaingan pasar regional. Lalu, Edy juga menambahkan masalah utama produk UMKM tersebut adalah menyangkut kualitas, bila hal tersebut sudah dimiliki maka konsumen akan mencari apalagi sudah memiliki merek tersendiri.

Saat ini pihaknya berupaya merubah pola pikir pelaku UMKM yang selama ini hanya terbiasa pola lama dan turun temurun tapi harus ada perubahan mendasar supaya lebih maju.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pemkab Tangerang Teddi Suwardi mengatakan pihaknya menanggapi positif upaya yang dilakukan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Kiat Berdikari di Kecamatan Tigaraksa.

Teddi mengatakan sebagai bukti apresiasi memberikan 20 unit gerobak dorong kepada anggota Kube tersebut agar mereka dapat berusaha secara mandiri.

Sumber: Neraca.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here