Mau Bisnis Anda Go International? Lirik Tipsnya

0
7

JAKARTA – Produk yang dijual laku di pasar sudah tentu menjadi tujuan semua pedagang. Namun bagaimana jika pasar yang dimaksud adalah pasar internasional?

Bisa jadi masuk pasar Internasional itu impian para pelaku usaha. Tapi bagaimana produk anda bisa dikenal warga asing? Apalagi modal anda tidak banyak-banyak betul dan anda usaha anda masih masuk kategori Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Jangan berkecil hati, bagi anda pelaku UMKM, memasarkan produk ke luar negeri itu bukan hal mustahil. Apalagi anda hidup di zaman internet.

Pakar Branding yang juga Ketua Perkumpulan Rumah UKM Subiakto Priosoedarsono memberikan tips untuk anda memasuki pasar internasional.

Dia bilang, kalau produk anda ingin dikenal masyarakat global, usahakan produk anda bisa dicari di Google. Ya, zaman sekarang memang orang terlalu mengandalkan internet dan Google sebagai mesin pencari.

“Yang pasti kita sekarang hidup di era Google, semua orang nyari nama nyari produk itu di Google,” sebutnya kepada Okezone di Jakarta.

Jangan bermimpi produk anda mendunia kalau google saja tidak mengenal produk anda. “Kalau kita enggak ada di situ (Google) kita lewat,” cetus dia.

Menurutnya, pelaku UMKM bisa memanfaatkan internet untuk menyebar luaskan informasi produknya. Apalagi pemasaran via online itu sangat murah. Jauh dibandingkan anda memasang iklan di media seperti koran atau televisi.

“Saya dulu nanganin iklan untuk korporasi, itu biayanya miliaran, sekarang dengan adanya internet, sangat murah,” katanya.

Dia bilang, buat saja toko online alias online shop. Dengan begitu barang yang anda jual bisa dideteksi oleh Google dan bisa dicari oleh masyarakat global. Kalau tidak mau repot, Anda bisa bergabung di website yang menerima jasa jual-beli online.

“Iya bikin online shop saja, bisa bikin online shop sendiri atau ikut online shop yang sudah ada,” lanjutnya.

Kalau produk anda sudah dikenal Google, baru lah tahap berikutnya seperti branding, desain dan packaging produk anda diperbaiki.

“Produk tentu harus bagus, packaging bagus, branding harus bagus,” tukas dia.

Sumber: Okezone.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here