Garap Pelaku Usaha Kecil, Telkom Luncurkan SOBAT-UKM

0
65

JAKARTA — Memasuki tahun 2016, Telkom tidak ingin ketinggalan momentum. Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang dimulai pad 1 Januari 2016, membuka peluang sekaligus tantangan bagi dunia usaha di Indonesia, khususnya sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Vice President Corporate Communication PT. Telkom, Arif Prabowo mengatakan, jika sebelumnya Telkom telah mencanangkan 3 Juta UKM Goes Digital yang menyentuh pelaku usaha mikro, kini Telkom menggarap segmen pelaku usaha kecil.

“Segmen usaha kecil hingga saat ini belum ada yang menggarap secara khusus. Selama ini, yang paling banyak disentuh adalah segmen usaha mikro. Kini saat yang tepat untuk memberi layanan khusus kepada segmen usaha kecil,” ujar Arif kepada Haluan, Jum’at (22/1).

Ia menuturkan, pada 2015, Telkom berhasil mengajak 1.007.076 UKM Goes Digital atau UKM yang memanfaatkan berbagai layanan Information & Communication Technology (ICT), yang lebih dari 90 persen fokus program­nya, berkutat di segmen usaha mikro.

“Hari ini, kami memperkenalkan sebuah layanan yang khusus melayani pelaku usaha kecil dengan merek “SOBAT-UKM”. Untuk mengakses layanan tersebut, kami menyediakan multi channel, mulai dari akses nomor khusus 1500249, melalui laman www.sobat-ukm.com, yang menyediakan berbagai alternatif obrolan (webinar, live chat, video call), hingga konsultasi di luar jaringan (offline),” jelas Arif.

Untuk mendukung layanan SOBAT-UKM ini, kata Arif, Telkom memanfaatkan jasa PT. INFOMEDIA NUSANTARA (Telkom Group) yang saat ini memberi layanan Tele-Account Management (TAM). Selama ini TAM telah melayani jasa inbound-outbound dan Social Media Digital Center.

“Khusus untuk SOBAT UKM, Telkom menyediakan dedicated agent dan expert yang akan menjawab setiap solusi UKM baik terkait kebutuhan ICT maupun solusi bisnis untuk UKM pada jam kerja, mulai 08.00 hingga 17.00 WIB,” sebutnya.

Arif menerangkan, SOBAT UKM dileng­ka­pi dengan digital interactive terkait tips berbisnis, so­lusi permasalahan bisnis, maupun tutorial se­putar UKM. Melalui laman www.­sobat-ukm.­com , para pelaku UKM dapat mengakses ber­bakai macam artikel seputar bisnis dan UKM. Ia melanjutkan, mengingat jumlah segmen pe­la­ku usaha kecil termasuk potensial, yakni se­ki­tar 1 sampai 2 persen dari total 57 juta UKM di Indonesia, SOBAT UKM menyasar seluruh ka­tegori industri usaha kecil seperti manu­fak­tur, perhotelan dan pariwisata, retail, per­da­ga­ngan, dan kategori industri lainnya.

Sumber: Harianhaluan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here