Menjelajah Potensi Bisnis Cold Storage Keliling

0
192

Potensi bisnis lemari penyimpanan berpendingin (cold storage) produk perikanan masih besar. Pelaku usahanya belum terlalu banyak, namun kebutuhannya besar untuk mengawetkan ikan selama distribusi. Bentuknya kini beragam mulai mobil hingga sepeda motor roda tiga.

Indonesia sebagai negara penghasil ikan memunculkan berbagai potensi usaha. Salah satunya adalah bisnis lemari pendingin untuk penyimpanan alias cold storage dalam proses distribusi. Fungsinya untuk menyimpan produk perikanan agar lebih tahan lama. Ini penting untuk menjaga kualitas dan menjaga harga jual dari nelayan.

Itulah yang membuat usaha lemari pendingin ikut berkembang. Kini banyak pelaku usaha yang memproduksi cold storage keliling atau mobile dengan berbagai ukuran dan dimodifikasi untuk kebutuhan nelayan dan industri. Selain karoseri mobil, ada juga pendingin ruangan yang diangkut dengan motor roda tiga dan ukurannya tidak terlalu besar dengan menggunakan tenaga surya. Ini cocok untuk wilayah yang sulit mendapat akses listrik maupun genset.

Salah satu pelaku usaha lemari pendingin ini adalah Erwin Hartono Suminto lewat PT Mentari Adifajar. Dia membuat mesin pendingin untuk mobil niaga, seperti truk. Dengan desain dan rancangan sendiri, truk dengan lemari pendingin dengan daya angkut 500 kg hingga 5 ton. Kotak lemari ini berasal dari bahan polyurethane rigid foamed, lembaran baja anti karat untuk interior dan eksterior luar dari lembaran aluminium dan lapisan cat tahan cuaca.

Fungsi kotak itu untuk mengangkut hasil laut, daging, hasil pertanian, atau produk farmasi. Erwin juga membuat lemari pendingin bagi pasar UKM dengan membangun mesin pendingin di motor roda tiga. “Tahun 2007 lalu sudah ada dengan dua tipe yaitu untuk pengiriman barang dan kaca yang tertutup dan untuk mengawetkan makanan siap saji,” katanya.

Cold storage untuk motor roda tiga membutuhkan motor dengan kapasitas mesin 147 cc-152 cc dengan ukuran 3.100 mmx1.250 mmx1.700 mm. Agar kotak penyimpanan selalu dingin, di bawah kotak ditaruh mesin pendingin dengan zat pendingin, mesin penggerak, dan pengatur suhu.

Konsumen PT Mentari Adifajar sudah datang dari berbagai daerah seperti Mojokerto, Jakarta, Surabaya dan daerah lainnya. Harga jual motor roda tiga maupun mobil pendingin berkisar antara Rp 60 juta hingga Rp 800 juta per unit.

Pembuatan kotak pendingin membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Lapisan luar terbuat dari aluminium anti karat dan bagian dalam terdiri dari fiberglass dan bagian tengah diberikan gabus (styrofoam) yang berfungsi untuk menahan suhu agar tetap stabil.

Sementara kerangka kotak pendingin dibuat dari besi yang dibentuk sesuai dengan pesanan desain. Lapisan aluminium akan dicat agar terlihat lebih menarik.

Jika tidak mau repot, sudah banyak beberapa produsen motor khusus cold storage seperti Kingtama Indonesia, Nozomi Otomotif Indonesia juga membuat motor khusus cold storage dengan harga mulai Rp 20 juta – Rp 58 juta per unit sesuai dengan kapasitas yang diinginkan.

Sumber: Neraca.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here